Ini Cara Alami untuk Menghilangkan Kutu Rambut

Rizka
Sabtu, 04 Desember 2021 | 23:30 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Kutu rambut adalah parasit kecil yang terdapat di kepala manusia. Kutu yang hinggap di rambut juga mampu menghisap darah di kepala hingga bertelur di sana. Telur kutu rambut biasanya terdapat di bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala.

Gejala bagi seseorang yang pada kepalanya dijangkiti kutu rambut adalah timbulnya rasa gatal-gatal di kulit kepala, kuping, dan leher. Rasa gatal ini disebabkan oleh air liur kutu yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit kepala.

Kutu rambut sendiri memiliki enam kaki, ukurannya cukup kecil kira-kira sebesar biji wijen dan warnanya hampir mirip rambut. Untuk menghindari penularan kutu rambut sebaiknya hindarilah kontak langsung antar kepala, gunakan pula benda-benda kepunyaan sendiri meliputi pakaian, topi, jepit rambut, handuk, bantal, sisir, dan kasur.

Cara menghilangkan telur kutu:

Baca juga: Studi: Lumba-lumba Mampu Kenali Teman dan Kerabatnya dengan Mendeteksi Rasa Urin

1. Gunakan sisir serit

Kamu sebaiknya menggunakan sisir serit dengan jarak antar gigi sebesar 0,2 mm. Semakin kecil jaraknya, maka semakin cepat dan efektif untuk menghilangkan kutu dan juga telurnya.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama kamu hanya perlu membasahi rambut kamu. Hal ini dikarenakan jika rambut kamu dan kulit kepala kamu basah, maka pergerakan kutu pun akan lambat. Kamu hanya perlu menyisir rambut dengan sisir serit ini dengan rata pada seluruh bagian kulit kepala. Lakukan selama tiga hari sekali sampai telur kutu benar- benar hilang.

2. Minyak zaitun

Sebelum menggunakan minyak zaitun ini sebaiknya kamu keramas hingga rambutmu bersih, kemudian keringkan dengan handuk. Setelah dirasa cukup kering, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun pada seluruh permukaan kulit kepala.

Kemudian lakukan pijatan secara lembut kurang lebih 15 menit. Setelah dipijat, gunakanlah penutup kepala atau shower cap untuk menutupi rambut tersebut, kemudian bawalah tidur untuk mendiamkannya hingga keesokan harinya. Setalah bangun tidur kamu bisa melakukan keramas lagi pada rambut hingga benar-benar bersih menggunakan shampo. Lakukan secara rutin.

Baca juga: Bukan Bumi Planet dengan Gunung Berapi Terbanyak di Alam Semesta

3. Lemon

Kandungan asam yang tinggi inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk membasmi telur kutu beserta kutu rambut. Menggunakan lemon sebagai alternatif penghilang kutu dan telur kutu pun cukup efektif dan juga aman.

Menghilangkan telur kutu dengan lemon ini, kamu hanya perlu memotong dua buah lemon dan peras hingga keluar air lemon. Setelah itu campurkan dengan  air sebanyak 100 ml hingga merata. Teteskan sedikit demi sedikit pada kulit kepala lalu pijit selama 5 hingga 10 menit. setelah itu diamkan selama 30 sampai 40 menit dan keramaslah menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin 2 kali dalam seminggu hingga kutu dan telur kutu benar-benar menghilang.


Informasi Anda Genggam


Loading...