Jadi Model Sepatu Paling Populer, Begini Cara Membedakan Air Jordan 1 Ori dan KW

Rizka
Rabu, 08 Desember 2021 | 15:21 WIB
Google R24/riz Google

RIAU24.COM -  Air Jordan menjadi salah satu sepatu basket paling ikonik, baik dalam dunia basket hingga dunia fashion. Bahkan bagi yang bukan penggemar Nike pun banyak yang tahu soal sepatu ini. 

Saking legendarisnya, sepatu Air Jordan 1 bahkan tetap kelihatan trendi dipakai dari generasi ke generasi. Pertama kali dibuat tahun 1985 oleh desainer Nike, Peter Moore, sepatu ini khusus dirancang untuk bintang basket dari Chicago Bulls, Michael Jordan.

Tak disangka, Michael Jordan yang saat itu baru naik daun menjadi pemain NBA yang paling populer. Inilah yang jadi alasan Air Jordan 1 jadi incaran banyak orang. Air Jordan 1 sudah dibuat dalam berbagai versi, bahkan berkolaborasi dengan merek high end fashion seperti Dior. Makin diminati, makin banyak juga versi tiruannya di pasaran.

Jangan sampai beli yang KW, yuk cari tahu gimana caranya membedakan Air Jordan 1 yang ori dengan yang KW. Coba deh ikuti 5 langkah di bawah ini.

Baca juga: Mitos Atau Fakta? Mata Kedutan Berkali-kali Pertanda Akan Menangis?

1. Cek Kualitas Jahitan Sepatu

Satu hal yang membedakan sepatu berkualitas dengan yang KW adalah kualitas jahitannya. Mungkin saja kita bertanya-tanya, kenapa harga sepasang sepatu bisa begitu mahal. Tapi percaya deh, kalau diperhatikan sepatu mahal itu produksinya memang super rapi. Ini juga bakal kamu lihat di sepatu Nike Air Jordan 1 yang asli.

Sepatu Air Jordan 1 yang asli jahitannya kecil-kecil dan sangat rapi. Kamu nggak akan bisa melihat ada bekas panduan jahitan di berbagai sisi sepatu. Adanya panduan jahitan sepatu sebenarnya bukan hal yang buruk kok. Ini justru membuat jahitan lebih rapi. Tapi Nike nggak menggunakan cara ini. jahitan pada Nike Air Jordan 1 juga kecil-kecil dan rapat, karena itu kelihatan rapi banget.

Sementara sepatu Air Jordan 1 versi KW bisa saja jahitannya terlihat rapi. Tapi kalau dibandingkan secara berdampingan, bakal terlihat kalau jahitannya lebih besar. Selain itu, pasti ada saja bagian yang meleset kerapiannya.

2. Logo Swoosh Ujungnya Lebih Lancip

Siapa yang nggak kenal dengan logo Swoosh milik Nike yang terkenal itu? Sepatu Air Jordan 1 juga dihiasi dengan logo Swoosh di sisi kanan dan kirinya. Kalau dilihat dari jauh sih kelihatan nggak ada bedanya, apalagi kalau versi KW dibuat dengan rapi. Tapi kalau diperhatikan lebih teliti lagi, ternyata ada bedanya lho. Yaitu ujung logo Swoosh yang seharusnya lebih lancip.

Memang kedengarannya cukup sulit untuk dibedakan. Karena semua logo Swoosh ujungnya sudah pasti lancip. Tapi kalau disandingkan yang ori dan KW pasti kelihatan bedanya. Sepatu Air Jordan 1 versi KW punya ujung logo Swoosh yang kurang lancip, agak membulat sedikit. Sementara sepatu yang ori benar-benar lancip.

Mungkin ada metode khusus yang hanya diketahui Nike untuk mendapatkan bentuk logo Swoosh yang asli. Karena sampai sekarang sepatu Nike versi KW masih kesulitan menyamainya. Kalau yang sudah terbiasa, bisa membedakan logo ini dengan gampang banget, hanya dengan sekali lihat. Tapi kalau yang masih awam, bisa saja kesulitan.

3. Bentuk Belakang Sepatu Seperti Jam Pasir

Baca juga: Mudah Dibuat Dirumah, Resep Madu Mongso Tahan Lama

Perbedaan yang ketiga ini bisa kamu lihat dengan jelas pada Air Jordan 1 yang tipe high. Kalau melihat bagian belakang sepatu, pasti perbedaannya bisa kelihatan banget. Sepatu Air Jordan 1 ori bentuknya seperti jam pasir. Maksudnya, di bagian tengah akan mengecil. Tepatnya di bagian garis dua warnanya yang membelah warna dominannya. Seperti jam pasir atau orang yang pakai ikat pinggang.

Sementara sepatu Air Jordan 1 sejauh ini selalu gagal mengadopsi model jam pasir ini, serapi apa pun kualitasnya. Air Jordan 1 KW 1 pun masih belum bisa menyamai bentuk ini. Perhatikan saja, bisanya sepatu Air Jordan 1 versi KW bentuknya hanya lurus saja.

Karena yang membuat versi KW dari Air Jordan 1 ada banyak, jadi model belakang sepatunya pun berbeda-beda juga. Selain model lurus, ada juga yang modelnya mengecil ke bawah. Pastinya nggak nyaman dong buat tumit. Beda banget saat kamu pakai Air Jordan 1 yang asli.


Informasi Anda Genggam


Loading...