Lebah Terbesar di Dunia ini Berada di Indonesia

Fitrianto
Senin, 13 Desember 2021 | 11:29 WIB
WallpaperBetter R24/anto WallpaperBetter

RIAU24.COM Lebah raksasa Wallace atau Megachile pluto bukanlah lebah biasa. Ia punya panjang seukuran ibu jari, dengan tubuh empat kali lipat lebih besar dari lebah madu, dan rahang yang mirip seperti milik kumbang.

Meski tercatat sebagai lebah terbesar di dunia, lebah raksasa Wallace telah lama dikira punah oleh para ilmuwan. Lebah asli Indonesia itu tak pernah terlihat dalam 38 tahun, sebelum pada akhirnya para ilmuwan menemukannya kembali di Kepulauan Maluku Utara, Indonesia, pada Januari 2019.

"Sungguh menakjubkan melihat 'bulldog terbang' dari seekor serangga yang kami tidak yakin ada lagi," ujar Clay Bolt, seorang fotografer alam yang menemukan kembali lebah raksasa Wallace, dalam sebuah wawancara bersama The Guardian.

Bolt tidak sendirian kala menemukan lebah raksasa itu. Bersama dengan tim peneliti biologi dari Amerika Utara dan Australia, ia menemukan lebah raksasa Wallace betina yang hidup di dalam sarang rayap di pohon, sekitar dua meter di atas tanah.

Baca juga: Ini Jawaban UAS Usai Disebut Ekstrimis oleh Singapura

Lebah raksasa Wallace sendiri mendapatkan namanya dari sang penemunya, Alfred Russel Wallace. Penjelajah sekaligus ahli biologi asal Inggris itu, pertama kali menemukan spesies lebah raksasa Wallace pada 1858 ketika mendatangi Pulau Bacan yang terletak di Kepulauan Maluku.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai lebah terbesar di duia ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @rangkumanfakta (08/12/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

@aranoicl :” Lebah suka: “

@kayrt._ :” Kalo ukurannya segede gini, mungkin suaranya mirip knalpot balap “


Lebah
Informasi Anda Genggam


Loading...