Gempa Berkuatan 7,3 Picu Peringatan Tsunami, Warga Maluku Panik

Devi
Selasa, 14 Desember 2021 | 12:00 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter melanda Indonesia timur memicu peringatan tsunami, kata Survei Geologi AS, tetapi tidak ada kabar segera mengenai korban atau kerusakan. “Semua orang lari ke jalan,” kata Agustinus Florianus, warga kota Maumere di pulau Flores, kepada kantor berita Reuters.

Peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah Maluku, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tenggara dan Selatan, setelah gempa melanda 112 km (69,59 mil) barat laut Larantuka, di bagian timur Flores, pada kedalaman 12 km. .

Gempa susulan berkekuatan 5,6 melanda Larantuka setelah gempa pertama, kata badan tersebut.

Baca juga: Ini Cara Sri Mulyani Tempuh S2 di Negeri Orang Sambil Jaga Anak

Alfons Hada Betan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Flores Timur di Larantuka mengatakan tidak ada laporan kerusakan segera dan gempa dirasakan selama beberapa menit ketika orang-orang melarikan diri dari rumah mereka.

Kata orang di media sosial gempa juga terasa kuat di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di AS mengatakan bahwa berdasarkan parameter gempa awal, gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi di pantai yang terletak dalam jarak 1.000 km (621,37 mil) dari pusat gempa.

Indonesia berada di atas “Cincin Api Pasifik”, sebuah area dengan aktivitas seismik tinggi yang berada di atas beberapa lempeng tektonik.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke 38, Chicco Jerikho Unggah foto Bareng Keluarga Kecil

Sedikitnya 48 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka ketika gunung berapi Gunung Semeru meletus di pulau Jawa pada 4 Desember.


Informasi Anda Genggam


Loading...