Berikut Pesan Ketua PWI Riau H Zulmansyah Kepada Ketua Serta Pengurus PWI Masa Bakti 2021-2024

Dahari
Selasa, 14 Desember 2021 | 18:31 WIB
Prosesi pelantikan PWI Kab Bengkalis R24/hari Prosesi pelantikan PWI Kab Bengkalis

RIAU24.COM -BENGKALIS - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau H. Zulmansyah Sekedang, resmi melantik sekaligus mengukuhkan kepengurusan PWI Kabupaten Bengkalis periode 2021-2024, di Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Selasa 14 Desember 2021.

Zulmansyah menyerahkan bendera pataka usai, Sekretris PWI Riau Amril Jambak, membacakan SK Kepengurusan PWI Bengkalis tiga tahun ke depan. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bengkalis Kasmarni dan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Forkopimda Bengkalis.

Sementara, Ketua PWI Riau H. Zulmansyah Sekedang mengatakan, hari ini kepengurusan PWI Kabupaten Bengkalis periode 2021-2024 telah sah diberikan amanah, untuk tetap menjaga marwah dan identitas wartawan. 

Diutarakannya, selama Covid-19 sangat berdampak pada pekerja pers, terutama tergabung di wadah organisasi tertua yaitu PWI. Sehingga perlu adanya sedikit perhatian khusus pemerintah daerah kepada pekerja pers ini.

Baca juga: Kondisi Belumpur Tak Menyurutkan Semangat Tim Satgas TMMD Kodim Bengkalis Saat Pengerjaan Fisik

“Saya titipkan kepengurusan PWI Bengkalis yang baru dilantik hari ini kepada ibu Bupati Bengkalis dan PWI Bengkalis nantinya bisa bersinergi dengan program pemerintah daerah, terutama dalam memberikan sumber informasi yang dapat mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bengkalis,” ujar H. Zulmansyah.

Dikatakannya lagi, organisasi PWI ini memiliki jumlah anggota yang cukup besar. Semuanya dibina melalui pembinaan serta pelatihan-pelatihan jurnalistik yang baik, serta menempuh jenjang sertifikasi atau uji kompetensi wartawan (UKW), sehingga wartawan yang tergabung di dalamnya semuanya profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

Ketua PWI Kabupaten Bengkalis terpilih Adi Putra dalam sambutannya mengajak kepada pengurus PWI untuk bersama bahu membahu dan bekerja sama dalam mendukung seluruh program pemerintah Kabupaten Bengkalis, sebagai mitra Pemerintah tentu saja tulisan  wartawan bisa menjadi salah satu agen promosi kemajuan negeri junjungan kabupaten Bengkalis. 

Pada kegiatan pelantikan tersebut juga turut diberikan sejumlah penghargaan oleh pengurus PWI Bengkalis periode 2021-2023 kepada Bupati Bengkalis dan 3 ketua PWI Bengkalis periode sebelumnya yang diberikan pada Fadli Syarifudin, Usman Malik, Alfisnardo dilanjutkan sebagai penasehat umum PWI Masuri SH. Sementara itu usai pelantikan dilanjut dengan seminar jurnalistik yang diikuti seluruh anggota PWI Bengkalis yang hadir. 

Adapun komposisi Pengurus PWI 2021-2024, Adi Putra sebagai Ketua PWI, Agustiawan Sekretaris dan Ismail Bendahara dan sejumlah anggota PWI yang mengisi kepengurusan yang baru.

Baca juga: Satgas TMMD Kodim Bengkalis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Bupati Bengkalis Kasmarni dalam sambutannya mengutarakan, agar kedepan PWI menjadi garda terdepan dalam menyajikan segala gudang informasi seputar Bengkalis dengan mengkedepankan kode etik jurnalistik (KEJ) dan UU Pers.

Ia menjelaskan, kritik membangun sangat diperlukan sepanjang sesuai dengan kaedah jurnalistik. Selain itu juga, pers yang tergabung di PWI juga bisa memberikan edukasi atau pemahaman pers kepada masyarakat. 

"Peran pers beserta medianya sangat dibutuhkan guna memberikan edukasi kepada masyarakat. Pers dituntut untuk semakin kreatif dan profesional dalam menyajikan berita dengan berpegang teguh pada etika jurnalistik agar para wartawan berada di koridor yang tepat,"ungkap Bupati Kasmarni.

Menurutnya, eksistensi PWI Kabupaten Bengkalis harus  diupayakan sebagai perekat dan pemersatu insan pers, media atau insan pers merupakan mitra Pemerintah dan sebagai modal dalam membangun Kabupaten Bengkalis. Pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. 

“Peran media tidak hanya sekadar tempat berlalu lalangnya informasi, tetapi juga partner komunikasi interaktif. Selalu tegak lurus mendukung visi, misi, program, kegiatan serta kebijakan Pemerintah Daerah, melalui ide, gagasan, pemikiran dan tulisannya, sehingga terwujud Bengkalis Bermasa,”pungkasnya.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...