Hari Antikorupsi Sedunia, Studi Sebut Somalia Negara Paling Korup

Fitrianto
Kamis, 16 Desember 2021 | 08:46 WIB
Jatim Network R24/anto Jatim Network

RIAU24.COM Hari antikorupsi sedunia diperingati tepat 9 Desember untuk mengingatkan publik akan bahaya laten korupsi.

Di hari peringatan antikorupsi sedunia, Kamis (9/12), Somalia merupakan negara Afrika yang paling disorot. Somalia disebut menjadi negara paling korup di dunia. Negara ini menduduki peringkat 179 dari 180 negara terkait Indeks Persepsi Korupsi.

Menurut laporan Transparency, skor indeks korupsi Somalia hanya berada di angka 22 dari 100. Korupsi yang menjalar di Somalia terjadi di berbagai institusi negara. Mulai dari pengadilan hingga pengadaan publik.

Menurut laporan Ganintegrity, sistem pengadilan paling berpotensi korupsi saat menangani urusan bisnis. Lembaga ini tunduk pada intervensi politik dan mengalami korupsi tinggi sehingga membuat pengadilan tak efektif.

Baca juga: Ini Jawaban UAS Usai Disebut Ekstrimis oleh Singapura

Pengadilan Sipil di Somalia tak berfungsi dalam praktiknya; kombinasi antara tradisi dan adat, hukum syariat dan hukum formal. Lembaga lain yang memiliki tingkat risiko tinggi korupsi yakni kepolisian. Korupsi marak terjadi di kalangan aparat.

Masyarakat Somalia paling terdampak imbas korupsi, tindakan yang terus berulang dalam semua aspek. Aturan hukum yang buruk dan ketidakhadiran institusi meminta pertanggungjawaban mereka yang berkuasa, membuat korupsi meningkat di Somalia.

Menurut laporan lembaga non pemerintah, Marqaati, secara keseluruhan presentase kasus suap di Somalia 14 persen. Di beberapa distrik di Mogadishu, kasus suap mencapai sekitar 50 persen. Kasus suap paling tinggi terjadi di kalangan pasukan keamanan pemerintah federal, pasukan keamanan regional, dan kelompok militer Al-Shabab.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai hari antikorupsi sedunia ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @hariankopas (15/12/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

@andikapajri :” Indonesia urutan ke brp ? “

Baca juga: Cerita Jenderal Sudirman dan Nasi Oyek

@edyjuniko :” Kalau Indonesia raya ini juara berapa “

@goronggorong2021 :” Kalo dari nominal, parah mana ama konoha? “

@artichin_ :” Harusnya Indonesia “


Hari Antikorupsi
Informasi Anda Genggam


Loading...