Dokter di India Berhasil Mengangkat 156 Batu Ginjal Dari Tubuh Seorang Pasien

Devi
Sabtu, 18 Desember 2021 | 08:50 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM - Sebuah fasilitas perawatan ginjal yang berbasis di Hyderabad pada hari Kamis mengatakan bahwa dokter di rumah sakit mereka telah mengeluarkan 156 batu ginjal melalui lubang kunci dari seorang pasien berusia 50 tahun.

Rumah Sakit Urologi dan Ginjal Preeti juga menyebutkan bahwa ini adalah jumlah batu ginjal tertinggi yang pernah dikeluarkan dari satu pasien di negara ini, menggunakan laparoskopi dan endoskopi, daripada melakukan operasi besar . 

operasi pria

Baca juga: Sering Mual? Ikuti Kiat-kiat Berikut Ini untuk Bantu Mencegah dan Menguranginya

Pasien berusia 50 tahun yang berprofesi sebagai guru sekolah dari Hubli di Karnataka tiba-tiba merasakan sakit di dekat perutnya, dan pemeriksaan menunjukkan adanya sekelompok besar batu ginjal (batu ginjal), kata rilis dari rumah sakit.  

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa pasien juga merupakan kasus ginjal ektopik karena terletak di dekat perutnya, bukan posisi normalnya di saluran kemih. Meskipun keberadaan ginjal di lokasi yang tidak normal bukanlah penyebab masalah, mengeluarkan batu dari ginjal yang terletak tidak normal tentu saja merupakan tugas yang sangat sulit bagi para dokter.

File/Gambar Representasi

"Pasien ini mungkin telah mengembangkan batu-batu ini selama lebih dari dua tahun tetapi tidak pernah mengalami gejala apa pun di masa lalu. Namun, rasa sakit yang tiba-tiba memaksanya untuk menjalani semua tes yang diperlukan yang mengungkapkan adanya sekelompok besar batu ginjal di ginjal. Setelah menilai kondisi kesehatannya, kami memutuskan untuk mengambil jalur laparoskopi dan endoskopi untuk mengeluarkan batu, daripada melakukan operasi besar , "kata Dr. V Chandra Mohan, Urolog & Managing Director rumah sakit.

batu ginjal

Baca juga: Proses Terbentuknya Batu Ginjal dan Faktor Penyebabnya

Dokter juga menambahkan bahwa batu telah diekstraksi sepenuhnya setelah prosedur yang berlangsung selama tiga jam. Alih-alih luka besar pada tubuh, lubang kunci sederhana membantu mengekstraksi batu sepenuhnya. Pasien dalam keadaan sehat dan bugar sekarang, dan telah kembali ke rutinitas hariannya yang biasa,


Informasi Anda Genggam


Loading...