Gempa 6,2 Magnitudo Guncang Negara Bagian Amerika Serikat, Tidak Memicu Peringatan Tsunami

Riki Ariyanto
Selasa, 21 Desember 2021 | 09:54 WIB
Gempa 6,2 Magnitudo Guncang Negara Bagian Amerika Serikat, Tidak Memicu Peringatan Tsunami (foto/int) R24/riki Gempa 6,2 Magnitudo Guncang Negara Bagian Amerika Serikat, Tidak Memicu Peringatan Tsunami (foto/int)
Bea Cukai

RIAU24.COM - Lepas pantai di daerah Cape Mendocino di California Utara, Amerika Serikat (AS) diguncang gempa bumi berskala besar. Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,2 itu terjadi pada Senin (20/12/2021).

Dilansir dari Okezone, gempa itu diikuti oleh gempa susulan. Tetapi tidak ada laporan kerusakan besar atau cedera yang dilaporkan.

Gempa tersebut pada kedalaman 9 km di Samudra Pasifik sekira 39 kilometer barat komunitas kecil Petrolia di sepanjang hutan belantara berbatu di wilayah Lost Coast California di Humboldt County, menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) dan Departemen Sheriff Humboldt County.

Baca juga: Ribuan Orang Terpaksa Mengungsi Akibat Banjir yang Semakin Mengerikan di Sydney

Gempa tersebut tak memicu peringatan tsunami sebab sifat dari sistem patahan yang menjadi sumbernya, seismolog Lucy Jones memposting di Twitter. “Tidak ada korban luka yang segera dilaporkan setelah gempa terjadi pada pukul 12:10 malam. waktu setempat,” ujar Juru Bicara (Jubir) Departemen Sheriff Humboldt County Samantha Karges dalam sebuah email yang dilansir Reuters.

Baca juga: Sempat Kena Kontroversi, Jisoo BLACKPINK dan Drama Snowdrop Masuk Nominasi Blue Dragon Series Awards 2022

Tak ada evakuasi yang diperintahkan di wilayah yang jarang penduduknya. Pekerja dan kru dikerahkan untuk memeriksa kerusakan jalan raya, dan dua jalan ditutup karena longsoran batu yang disebabkan oleh guncangan, kata Karges. Di bagian selatan kabupaten, banyak gempa susulan tercatat di sepanjang pantai, kata departemennya di Twitter.


Informasi Anda Genggam


Loading...