Wabup Siak Serahkan Bantuan ke Ponpes Nurul Yakin Kecamatan Dayun

Lina
Selasa, 21 Desember 2021 | 20:27 WIB
Wabup Siak tinjau bekas kebakaran R24/lin Wabup Siak tinjau bekas kebakaran

RIAU24.COM -  Musibah kebakaran yang terjadi di asrama putra Pondok Pesantren Nurul Yakin, kecamatan Dayun menyisakan duka yang mendalam bagi para santri dan pengurus pondok. 

Baca juga: Lantik Pengurus Mabiran, Kwarran dan LPK di Dua Kecamatan, Ini Pesan Kawarcab Siak

Betapa tidak, kebakaran hebat itu menghanguskan seluruh ruangan dan hanya menyisakan puing-puing bangunan dan peralatan milik santri yang tidak terselamatkan. Kebakaran itu terjadi pada jumat malam (17/12) sekitar pukul 21. 00 WIB.

Mendengar musibah kebakaran itu, Wakil Bupati Siak Husni Merza langsung mendatangi lokasi dan menyerahkan bantuan.

"Jumat malam Sabtu kita mendapat kabar bahwa asrama putra Pondok Pesantren Nurul Yakin mengalami kebakaran, pada malam itu saya langsung menghubungi Muhajir selaku pengurus pondok Nurul Yakin dan langsung berkoordinasi dengan Bupati Siak, Baznas Kabupaten Siak, dan juga bank-bank yang ada di Siak. Bagaimana bersama-sama menyalurkan bantuan, sehingga harapan kita Asrama Putra ini bisa di tempati kembali,"ujarnya. 

Wabup Husni mengapresiasi kepedulian Baznas Provinsi Riau dan Baznas Kabupaten Siak yang telah menyalurkan bantuan ke Pondok Pesantren Nurul Yakin Kecamatan Dayun.

"Alhamdullilah, hari ini kami membawa bantuan dari Baznas Provinsi Riau dan Baznas Kabupaten Siak. Berupa uang sebesar Rp 170 juta. Dengan bantuan ini kita harapkan pihak pondok pesantren bisa memulai kembali pembangunan asrama putra yang terbakar ini. Kami akan berkoordinasi dengan Dinas PU Tarukim untuk meninjau kondisi struktur bangunan supaya kedepannya pembangunan asrama ini segera selesai, sesuai yang kita harapkan mengingat pada Januari siswa-siswi segera masuk sekolah,"pintanya. 

Pemerintah Kabupaten Siak, sambung di, melalui Dinas Sosial juga menyalurkan bantuan untuk Pondok Pesantren Nurul Yakin.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Siak juga memberikan bantuan melalui Dinas Sosial dalam bentuk bantuan logistik seperti baju sekolah, beras, minyak makan, peralatan dapur, juga kasur dan nanti akan ada bantuan lain,"kata dia. 

Sementara itu Pengurus Pondok Pesantren Nurul Yakin, Muhajir mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak, Baznas Provinsi Riau dan Baznas Siak atas bantuan yang diberikan.

"Kami atas nama pengurus pondok dan yayasan Nurul Yakin Dayun mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada kami ini sangat membantu untuk pesantren. Insya Allah kami akan segera melakukan pembangunan kembali asrama putra yang terbakar, kami merasa terbantu,"ucapnya. 

Baca juga: Pemkab Siak Targetkan Angka Stunting 2024 Menurun Jadi 14 Persen

Penyebab terjadinya kebakaran  asrama putra yang dihuni 42 orang siswa belum bisa dipastikan, namun dugaan sementara penyebab kebakaran karena arus pendek listrik. Hal ini diungkap Muhajir selaku pengurus pondok pesantren, mengingat para siswa sedang libur sekolah dan dipulangkan kerumah masing-masing.(Lin)


Informasi Anda Genggam


Loading...