Pernah Bawa Persipura Juara Liga Indonesia 2005, Boaz Solossa Ceritakan Awal Karier di Sepak Bola: Saya Beruntung

Rizka
Rabu, 22 Desember 2021 | 11:38 WIB
Boaz Salossa [Instagram/@boazsalossa] R24/riz Boaz Salossa [Instagram/@boazsalossa]

RIAU24.COM -  Salah satu striker terbaik di Indonesia, Boaz Solossa mengaku hampir putus asa dan tak mau berlatih lagi, karena sang ayah yang meninggal dunia.

Boaz sejak masih duduk dibangku sekolah dasar, ia sudah ikut berlatih di SSB Putra Yohan yang dilatih oleh ayahnya, Cristian Solossa.

"Saya beruntung berasal dari keluarga yang mencintai sepak bola," kenang Boaz dalam channel youtube Tiento Indonesia.

Boaz merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Tiga kakaknya Joice Solossa, Ortizan Solossa dan Nehemia Solossa juga berprofesi sebagai pesepakbola.

Baca juga: Update Klasemen Medali SEA Games 2021 di Vietnam, 4 Negara Impit Indonesia

Namun, siapa sangka, Christopher Solossa berpulang lebih dulu di usia Boaz yang masih sangat muda. Ia tentu sangat terpukul, bahkan ingin berhenti main bola.

"Waktu masih SD saya sudah mulai latihan bersama klub PS Putra Yohan. Kelas 1 SMP, orang tua saya dipanggil Tuhan," kenang Boaz.

Beruntung, sang ibu Maria Sarobi Solossa terus berupaya mengembalikan semangat Boaz sehingga mampu melewati masa sulit dan tetap berlatih sepak bola.

Pada 2000, Boaz kemudian menjadi bagian dari tim muda Perseru Serui sebelum menjadi bagian dari Persipura Junior mulai 2002. Dua tahun kemudian, namanya masuk dalam skuad Papua di PON 2004. 

Dalam ajang multi event itu, Boaz menjadi top skorer dengan 10 gol sekaligus membawa Papua juara bersama dengan Jawa Timur di PON 2004. Talenta yang dimilikinya membuat Peter White memasukkan namanya dalam daftar pemain timnas yang dipersiapkan tampil di Piala Tiger 2004.

Sebelum berkiprah di ajang sepak bola antar negara Asia Tenggara itu, Boaz menjalani debutnya bersama timnas ketika Indonesia menghadapi Arab Saudi pada kualifikasi Piala Dunia 2006 pada 13 Oktober 2004.

Baca juga: Berhasil Kalahkan Vietnam dengan Mudah dalam Pertandingan Bulutangkis, Perolehan Sementara Medali Indonesia Masih Jauh Tertinggal

Sepanjang kariernya, Boaz dikenal sebagai predator haus gol. Ia juga pernah membawa Persipura Jayapura menjuarai Liga Indonesia 2005, 2009, 2011, dan 2013.

Boaz pernah menjadi top skorer Liga Indonesia 2008/09, berlanjut di tahun 2010/11, hingga di tahun 2013. Tak hanya itu, Boaz juga mengoleksi gelar pemain terbaik.

Pria kelahiran Papua ini pun menjadi legenda hidup Persipura Jayapura, termasuk di Timnas Indonesia. Kini di usia 35 tahun, ia masih aktif bermain di Liga 1, membela Borneo FC.


Informasi Anda Genggam


Loading...