Viral Video Wapres Ma’ruf Amin Berbaju Santa Claus dan Ucapkan Selamat Natal: Saudara-saudara Kami dari Kaum Kristiani

Rizka
Kamis, 23 Desember 2021 | 12:02 WIB
Google R24/riz Google

RIAU24.COM -  Sebuah video memperlihatkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggunakan baju ala sinterklas dan mengucapkan selamat Natal beredar di media sosial.

Dalam video itu terlihat Ma’ruf Amin memakai topi dan baju putih-merah yang identik dengan Santa Claus.

“Nah Ini Dia Mbah Yai Oh Mbah Yai Apa Mungkin, Aq Salah Lihat Guyss? Kok Kami Dari Umat Kristiani, Bukan Dari Kami Umat Muslim, Apa Beliau Sudah ****ad? Sekali Muncul Kadang Bikin Kita Ngakak Guling,” Bengong Dan Sedih,” tulis akun Facebook Putra Inka.

Postingan ini diunggah pertama kali pada 18 Desember 2021 itu memperlihatkan potongan video selama 12 detik Ma’ruf Amin.

Baca juga: Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

“Saudara-saudara kami dari kaum kristiani, kami sampaikan selamat Natal dan tahun baru. Semoga berbahagia,” demikian suara yang terdengar dari video tersebut.

Dari penelusuran, klaim bahwa Ma'ruf Amin menggunakan baju sinterklas di video itu, adalah salah atau hoax. Faktanya, itu video editan.

Video itu sebenarnya memperlihatkan Ma'ruf Amin saat masih menjadi Calon Wakil Presiden. Kala itu, Ma'ruf mengucapkan selamat pada momentum Natal 25 Desember 2018.

Video aslinya diunggah oleh kanal YouTube CNN Indonesia pada 26 Desember 2018. Judulnya, Beredar Video Ma’ruf Amin Ucapkan Selamat Natal.

Dalam video tersebut, Ma’ruf Amin tidak mengenakan pakaian Santa Claus. Dia memakai kopiah hitam, serban putih, dan baju hitam.

Baca juga: Fakta Mengejutkan Tentang Dea Onlyfans, Terjerat Kasus Pornografi Hingga Mengaku Hamil

Video ulasan CNN Indonesia itu mempertegas bahwa video unggahan akun Facebook Putra Inka menyesatkan.

Penelusuran lainnya, penyebar video Ma’aruf Amin pakai baju Santa Claus itu ternyata sudah ditangkap polisi di Aceh pada 2018.i

Saat itu polisi juga memburu pembuat video tersebut karena dianggap menyebarkan ujaran kebencian.


Informasi Anda Genggam


Loading...