Sekilas Tugu Titik Nol, Bukti Sejarah Pekanbaru Bermula

Riki Ariyanto
Kamis, 23 Desember 2021 | 15:07 WIB
Sekilas Tugu Titik Nol, Bukti Sejarah Pekanbaru Bermula (foto/int) R24/riki Sekilas Tugu Titik Nol, Bukti Sejarah Pekanbaru Bermula (foto/int)

RIAU24.COM - Kota Pekanbaru merupakan daerah yang punya banyak sejarah. Tugu Titik Nol yang ada di pinggir Sungai Siak merupakan sejarah dari mana asal Kota Pekanbaru bermula.

Hanya saja masih ada orang-orang yang kebingungan dimana sebenarnya Titik Nol Pekanbaru ada yang menduga di Tugu Zapin depan Kantor Gubernur Riau dan tugu di bekas pelabuhan Pelindo, Kecamatan Senapelan.

Sebagai informasi objek Tugu Titik Nol berada di pinggiran Sungai Siak dan masih dipertahankan hingga saat ini. Titik nol kilometer di kota Pekanbaru pada awalnya dibuat di Kampung Bandar Kecamatan Senapelan tepatnya di dekat Gudang Pelni.

Baca juga: Aksi Umat Islam Riau Bela UAS, Massa Aksi : Singapura Itu Fitnah!!

Titik nol itu dibuat di area itu sebab area tersebut merupakan awal mula berdirinya Pekanbaru sekarang yang berawal dari Bandar Senapelan. Tugu berwarna kuning itu  berbentuk batu persegi panjang ada ukiran Pb.0 (Kota Pekanbaru), Pad 313 (Kota Padang), dan Bkn 65 (Kota Bangkinang).

Tugu itu dibangun oleh Dinas PU sekitar tahun 1950 lalu menjadi patokan pengukuran jarak. Di sekitar kawasan sekitar titik nol ada bangunan-bangunan lama.

Baca juga: Polda Riau Ungkap Tindak Pidana Perdagangan Orang, 70 Migran Ditemukan Disembunyikan Ditengah Hutan

Tugu tersebut bukti kesejarahan Senapelan da sudah terdaftar sebagai cagar budaya (Inventarisasi BPCB Sumatera Barat) dengan nomor 08/BCB-TB/B/01/2014. Bagi yang minat mengunjunginya bisa langsung ke lokasi di Jalan memasuki Pelabuhan PT Pelindo, Kelurahan Kampung Dalam, Senapelan.


Informasi Anda Genggam


Loading...