Sering Overthinking dan Panik di Malam Hari? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Amerita
Selasa, 28 Desember 2021 | 13:43 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM - Kecemasan adalah emosi normal manusia yang ditandai dengan perasaan gugup dan khawatir. Anda mungkin mengalami kecemasan selama situasi stres, seperti kencan pertama atau wawancara kerja.

Baca juga: 5 Kesalahan Menggunakan Peralatan Masak Anti Lengket


Namun, terkadang kecemasan bisa bertahan lebih lama dari biasanya. Ketika ini terjadi, itu dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, terutama pada malam hari.

Salah satu waktu paling umum orang mengalami kecemasan adalah di malam hari. Banyak uji klinis telah menemukan bahwa kurang tidur dapat menjadi pemicu kecemasan. 

Baca juga: 10 Posisi Tidur Kucing dan Artinya yang Perlu Diketahui


Secara historis, penelitian juga menunjukkan gangguan kecemasan berhubungan dengan kualitas tidur yang berkurang.

Mengobati kecemasan malam hari dan mengatasi masalah tidur adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas hidup.

Ada banyak gejala kecemasan. Setiap orang mengalami kecemasan secara berbeda. Gejala bisa terjadi kapan saja, siang, pagi, atau malam. Gejala umum kecemasan meliputi: perasaan gugup, gelisah, kesulitan berkonsentrasi, dan kesulitan tidur.

Gejala lain yang mungkin dialami oleh seseorang dengan kecemasan adalah serangan panik. Serangan panik adalah ketakutan yang ekstrim dan intens, sering disertai dengan manifestasi fisik. Gejala umum serangan panik meliputi: rasa malapetaka yang akan datang, peningkatan denyut jantung dan nyeri dada, sesak napas dan tenggorokan sesak, berkeringat dan panas dingin.

Ada banyak bentuk psikoterapi yang dapat mengobati kecemasan. Salah satu metode yang paling mapan adalah terapi perilaku kognitif (CBT).

CBT adalah bentuk psikoterapi yang mendorong perubahan pola pikir Anda untuk meningkatkan perilaku dan suasana hati Anda.

Dalam banyak kasus, mengobati kecemasan membutuhkan pendekatan ganda. Baik psikoterapi dan pengobatan dapat digunakan bersama untuk menghasilkan hasil terbaik.

Ada berbagai jenis obat yang mungkin diresepkan dokter untuk mengatasi kecemasan Anda. Mereka dapat mendiskusikan pro dan kontra obat, ketersediaan, dan banyak lagi dengan Anda.

Meditasi adalah praktik perhatian penuh. Bukti menunjukkan bahwa bahkan satu sesi meditasi dapat bermanfaat dalam mengurangi kecemasan Anda. 

Bermeditasi tepat sebelum Anda tidur malam bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi kecemasan malam hari.


Kecemasan Panik
Informasi Anda Genggam


Loading...