Inilah Masjid Pertama di Amerika Serikat yang Berdiri Pada Tahun 1929

Fitrianto
Kamis, 30 Desember 2021 | 18:41 WIB
nusagates.com R24/anto nusagates.com

RIAU24.COM -  Terletak di kota kecil bernama Ross, di pedalaman North Dakota, ada sebuah masjid bersejarah. Masjid ini dipercaya sebagai masjid tertua di Amerika Serikat. Masjid ini pertama kali dibangun tahun 1928 dan selesai 1929. Masjid ini dibangun oleh komunitas imigran muslim yang berasal dari Suriah.

Para imigran muslim datang ke Amerika untuk mengubah nasib. Mereka ke sana untuk bercocok tanam, sambil membuat pemukiman di kota itu. Akhirnya, mereka pun membuat masjid ini. Di zaman itu, perlakuan rasis masih sering diterima oleh komunitas muslim di kota tersebut. Namun lama kelamaan, akhirnya mereka bisa menerima dan hidup rukun antarsesama.

Baca juga: Bupati Alfedri Bangga Anak Siak Lulus Dari BTP Bisa Kerja di Luar Negeri

Di tahun 1979, masjid asli rubuh karena dimakan usia. Tapi pada 2005, masjid dibangun ulang oleh warga muslim dan komunitas Kristiani di sana. Kini Masjid North Dakota juga berfungsi sebagai mini museum. Di dalamnya terpampang kumpulan foto-foto Masjid North Dakota sekaligus informasi sejarahnya.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai sejarah Islam di Ameri Serikat ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @wowartikel (24/11/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka


Masjid
Informasi Anda Genggam


Loading...