Pisah Sambut Kapolda Riau Kental Nuansa Melayu

Khairul Amri
Senin, 03 Januari 2022 | 11:10 WIB
Silat Melayu sambut kedatangan Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal dan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat acara pisah sambut di Mapolda Riau. (Foto. Amri) R24/amri Silat Melayu sambut kedatangan Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal dan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat acara pisah sambut di Mapolda Riau. (Foto. Amri)

RIAU24.COM - PEKANBARU-Nuansa adat melayu mewarnai Upacara Pisah Sambut Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dengan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang kini menjabat Asisten Operasi (As Ops) Kapolri, Senin, 3 Januari 2022 di Mapolda Riau.

Kedua Jendral Bintang Dua ini didampingi istri tiba di Mapolda disambut dengan pengalungan bunga, pemasangan Tanjak dan juga pencak silat melayu, tepung tawar dan juga selurug jajaran Personil Polda Riau.

Terlihat juga Pejabat Forkompinda Riau dan Tokoh Adat LAM Riau dan organisasi lainnya.

Prosesi Adat Melayu dimulai begitu memasuk pintu gerbang Mapolda Riau, adat silat yang diiringi kompang Melayu, mantan Kadiv Humas Polri dan Kapolda NTB ini beserta istri selanjutnya disambut dengan Tepuk Tepung Tawar oleh ketua Lembaga Adat Melayu Riau. 

Tepuk Tepung Tawar adalah suatu ritual adat di negeri-negeri melayu, khususnya di Riau yang saat ini terus hidup dan dipertahankan dalam masyarakat sejak masa raja-raja dahulu. 

Budaya tepuk tepung tawar yang mengartikan sebuah peristiwa penting dalam masyarakat melayu, seperti yang dimulai dari kelahiran, khitanan, perkawinan, pindah rumah, dan jemput semangat bagi orang yang baru luput dari mara bahaya, dan sebagainya.

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal beserta istri juga disuguhkan dengan tarian khas adat melayu yaitu tari persembahan serta makan sekapur sirih.

Pucuk pimpinan tertinggi Polda Riau resmi berganti setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi Polri di Rupatama Mabes Polri, Rabu 29 Desember 2021 lalu.


Informasi Anda Genggam


Loading...