5 Trik Membangun Hubungan Harmonis antara Ibu dan Anak Perempuan

Devi
Selasa, 04 Januari 2022 | 15:12 WIB
Foto : VOI R24/dev Foto : VOI
Bea Cukai

RIAU24.COM - Fakta tak bisa dihindari jika anak perempuan dikenal lebih dekat dengan ayah. Menurut penelitian, hal tersebut dikarenakan sifat ayah dan anak perempuan yang saling berlawan, tapi melengkapi. Seorang ayah bisa melindungi sekaligus memercayai anak perempuan tanpa benar-benar melepaskan mereka dari pandangan dan jangkauan.

Sedangkan, sosok ibu karena sama-sama wanita maka pertengkaran kerap terjadi antara ia dan anak perempuannya. Maka tak heran jika hubungan ibu-anak perempuan kadang kurang harmonis.

Baca juga: Perang Dimana-mana, Inilah Pengertian Hari Kiamat Manurut Islam dan Tanda Kedatangannya 

Nah, agar para ibu juga memiliki hubungan harmonis dengan anak perempuan, berikut tipsnya dilansir dari All Woman Talk, Selasa, 4 januari.

Terima kenyataan

Jika Anda mencari cara meningkatkan hubungan ibu-anak perempuan, Anda harus bisa menerima kenyataan. Jika hubungan yang dimiliki cukup tegang, penting untuk menyadari bahwa Anda tidak dapat mengubahnya dalam semalam. Butuh waktu untuk membangun hubungan baik. Jika ada beberapa masalah besar yang menyebabkan banyak kerusakan pada hubungan, Anda perlu mengatasi masalah tersebut sebelum mulai membangun hubungan yang lebih baik.

Belajar setuju dan tidak setuju

Sama seperti hubungan lainnya, perselisihan antar ibu dan anak perempuan sering terjadi.  Jika ada sesuatu yang Anda berdua sama sekali tidak setuju, mungkin hal terbaik adalah setuju untuk tidak setuju. Jika Anda dan anak perempuan tetap bersikeras, maka berdebat tidak akan memperbaikinya. 

Belajar memaafkan

Dalam sebagian besar hubungan ibu-anak, ada kalanya salah satu atau keduanya pernah saling menyakiti. Baik ibu, maupun anak perlu sadar jika ingin memiliki hubungan  baik, maka harus mencoba untuk memaafkan. Penting juga untuk memaafkan diri sendiri atas hal-hal yang Anda rasa salah dilakukan.

Jadikan hubungan sebagai prioritas

Jika benar-benar serius ingin meningkatkan hubungan ibu dan anak, maka Anda harus menjadikannya prioritas. Cobalah lakukan beberapa aktivitas bersama dengan anak perempuan. Misalnya, rencana berbelanja,  makan malam, atau pergi ke bioskop. 

Jika Anda memutuskan melakukan aktivitas bersama, pastikan itu adalah aktivitas yang akan kalian nikmati. Jangan menjadwalkan perjalanan belanja jika Anda tak suka berbelanja. Anda tidak akan menikmatinya karena melakukan hal tersebut secara terpaksa.

Baca juga: Inilah 9 Bahan Alami Atasi Rambut Rontok, Berikut Cara dan Tipsnya

Harus ada kerja sama

Hubungan yang sukses tidak bisa sepihak. Untuk memiliki hubungan ibu-anak yang baik, Anda dan anak perempuan harus bisa mewujudkannya bersama-sama. Jika saat ini Anda berada dalam hubungan sepihak, mungkin Anda dapat memulai percakapan tentang keinginan untuk meningkatkan hubungan kalian. Setelah percakapan dimulai, Anda dapat membuat beberapa saran sederhana tentang cara memulai hubungan. Pastikan Anda dan anak menyetujui langkah-langkah yang akan diambil untuk meningkatkan hubungan.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...