Spanyol Akan Berlakukan Hak Asuh Hewan Peliharaan Jika Pemiliknya Berpisah atau Bercerai

Amerita
Kamis, 06 Januari 2022 | 10:14 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM - Spanyol akan mempertimbangkan untuk memberikan hak asuh hewan apabila pasangan bercerai atau putus mulai Rabu (5/1).

Baca juga: Kota di Jerman Larang Pemilik Kucing Keluarkan Peliharaan Mereka selama Musim Kawin Burung Langka, Ini Alasannya


Keputusan tersebut mengikuti langkah serupa di Prancis dan Portugal, mewajibkan hakim untuk mempertimbangkan hewan peliharaan sebagai makhluk hidup alih-alih objek yang dimiliki oleh satu atau pasangan lainnya.

Baca juga: Anjing Ini Berlari Selamatkan Pemiliknya yang Diserang Singa Gunung, Endingnya Bikin Lega


"Hewan adalah bagian dari keluarga dan ketika sebuah keluarga memutuskan untuk berpisah, nasib hewan harus diatur sama pentingnya dengan nasib anggota keluarga lainnya," kata pengacara Lola Garcia.

Oktober lalu, seorang hakim Madrid memberikan hak asuh bersama seekor anjing kepada pasangan yang belum menikah. Pasangan itu berdebat siapa yang harus mengurus anjing mereka setelah keduanya berpisah. 

Anjing menghabiskan satu bulan dengan mereka masing-masing dan keduanya bertanggung jawab secara hukum.

Garcia, yang firma Hak&Hewannya menangani kasus ini, menganggap reformasi ini sebagai langkah yang besar dalam perubahan hukum yang mengatur hubungan manusia dengan hewan.

Kedepannya, seorang hakim harus menentukan di mana hewan tersebut akan mendapatkan perawatan yang lebih baik, penentuan itu didasarkan pada kesejahteraan hewan tersebut.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...