Selama 30 Tahun, Pria ini Jadikan Benda Seharga 1,5 Miliar Sebagai Ganjal Pintu

Fitrianto
Kamis, 06 Januari 2022 | 14:09 WIB
IDEA - Grid.ID R24/anto IDEA - Grid.ID
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Meteorit langka yang sempat menjadi pengganjal pintu ditaksir memiliki harga mencapai 100 ribu Dollar (sekitar Rp 1,5 miliar). Seorang pria warga Michigan, Amerika Serikat, memakai batu seberat 11 kilogram itu sebagai ganjalan pintu selama 30 tahun. Batu ini pertama kali ditemukan pada 1988, tepatnya dari sebuah peternakan di Edmore, 48 kilometer dari pusat kota Mount Pleasant, Michigan.

Menurut penuturan Mona Sirbescu, peneliti geologi dari Central Michigan University yang belakangan mengungkap identitas batu tersebut, batu tersebut memang diketahui sebagai sebuah meteorit. Pria asal Michigan dan ayahnya sang pemilik peternakan, Sirbescu bercerita, mendengar suara bedebum di tanah peternakan pada 1930-an.

Setelah dicek keesokan paginya, keduanya menemukan batu meteorit di lubang yang terbentuk saat batu menghujam tanah. Belakangan diketahui bahwa hujaman batu tersebut dideteksi Badan Geologi Amerika Serikat. Menurut USGS, jatuhnya meteorit tersebut menyebabkan getaran berkekuatan magnitudo 2.

Karena bobotnya yang cukup berat, batu meteorit tersebut lantas digunakan sebagai penghalang pintu gudang. Pintu tersebut juga dibawa saat mereka pindah ke tempat baru selama hampir 30 tahun. Baru-baru ini, pria tersebut curiga betapa pentingnya batu tersebut. Dia pun meminta Sirbescu untuk menjawab kecurigaannya tersebut.

Benar saja. Kecurigaannya benar. "Batu ini sangat spesial yang pernah saya pegang," ujar Sirbescu, seperti dilansir laman Newsweek, Jumat, 5 Oktober 2018.

Baca juga: Najwa Shihab Sentil Pemerintah Terkait RUU KUHP Ancaman Penjara: Ajak Banyak Profesi hingga Trending di Twitter

Sirbescu langsung tahu bahwa batu itu sangat berharga saat diberikan serpihan sampel meteorit. Dan saat diuji dalam laboratorium, Sirbescu makin kagum. "Batu ini terdiri dari 88 persen nikel-besi dan 12 persen nikel yang langka di bumi," ujarnya.

Agar temuan awalnya makin terbukti, Sirbescu mengirimkan sampel yang dia miliki ke Smithsonian Institute, yang belakangan mendapati hasil serupa. Tim Smithsonian dan Sirbescu menamai batu ini sebagai meteorit Edmore.

Menurut Sirbescu, pemilik batu meteorit ini berencana menjual batunya ke kolektor atau museum. Dan pria itu menjanjikan 10 persen dari hasil penjualan untuk universitas Sirbescu bekerja.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai benda berharga mahal dijadikan ganjal pintu ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @diversa.fakta (01/12/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih 4 Ribu tanda suka

@agungeshaprawira23 :” Mau harga nya 1 triliun kalau gak laku juga percuma bambang wkwkwkwk “

@mr_ferenzi :” Wah jangan-jangan selama ini yg aku buat ngulek sambel ??? “

Baca juga: Indonesia Didesak Untuk Memperketat Pembatasan Karena Kasus Subvarian Omicron Meningkat

@buatgabut.jpg :” Ihh lumayan, bisa beli ganjelan baru “

@who_where.why :” Bapacknya pun langsung buat beli pintu baru???????????????? “

@al_diar83 :” Aku lgsg cek ganjel pintu kandang ayam ku,eh ternyata batu bata “


Ganjal
Informasi Anda Genggam


Loading...