Dianggap Sebagai Penyakit Menakutkan, Ini 7 Gejala Kanker yang Sering Kali Diabaikan

Rizka
Minggu, 09 Januari 2022 | 21:25 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Kanker kerap dianggap sebagai salah satu penyakit yang menakutkan. Padahal, lebih dari 40% dari semua kanker dapat dicegah sehingga yang harus menjadi perhatian adalah gejala awal kanker.

Mengetahui gejala awal kanker ini akan menjadi deteksi dini karena beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker kolorektal, kanker leher rahim dapat disembuhkan jika terdeteksi dini. Sel kanker bersifat ganas dan dapat menginvasi serta merusak sel-sel normal di sekitarnya sehingga merusak fungsi jaringan tersebut.

Inilah 7 gejalan kanker yang sering kali diabaikan :

1. Batuk atau sesak yang berkepanjangan

Baca juga: Cacar Monyet Kian Merajalela, Ternyata Korbannya Kebanyakan Pria Gay dan Biseksual

Kebanyakan batuk bukanlah masalah besar, tetapi jika Anda menderita batuk berkepanjangan (tak sembuh-sembuh), sesak napas, atau batuk yang disertai dengan darah, ini bisa berbahaya karena menunjukkan bahwa paru-paru Anda bermasalah.

2. Perubahan tidak lazim pada buang air besar

Saat fases Anda tiba-tiba mengalami perubahan ukuran atau warna (misalnya berdarah), atau Anda menjadi sangat sulit untuk buang air besar (sembelit) atau justru malah diare terus menerus, ini bisa menjadi gejala kanker usus besar. Kemungkinan ada massa atau tumor yang tumbuh di usus besar dan menyumbat jalan keluar fases.

3. Perubahan tetap pada kebiasaan buang air kecil

Ada kalanya seseorang bisa mendapati darah di urin mereka. Ini bisa menjadi tanda infeksi saluran kencing atau yang lebih parah, gejala kanker kandung kemih atau kanker ginjal. Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami kondisi berbahaya ini.

4. Penurunan berat badan tanpa sebab

Jika Anda tidak menjalani diet penurunan berat badan tetapi berat badan Anda terus berkurang, ini sangatlah berbahaya karena bisa menunjukkan bahwa kemungkinan Anda memiliki tumor atau kanker.

5. Perubahan tidak lazim pada tahi lalat

Jika Anda menyadari adanya perubahan tidak lazim pada tahi lalat Anda, seperti kemerahan, gatal, arau nyeri, pergilah ke dokter spesialis untuk memeriksakannya karena kemungkinan ini adalah gejala kanker kulit.

6. Pendarahan tidak lazim

Baca juga: Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Makan Telur, Bisa Panjang Umur Lho...

Pendarahan tidak lazim bisa mengindikasikan kemungkinan bahwa Anda memiliki kanker. Pendarahan vagina di luar menstruasi bisa menjadi tanda kanker endometrium dan kanker serviks. Pendarahan setelah hubungan seksual melalui vagina pun bisa menjadi tanda kanker serviks.

7. Benjolan yang tidak lazim

Benjolan di payudara yang tumbuh cepat dalam waktu singkat merupakan tanda kanker payudara. Maka dari itu, jika Anda menemukan benjolan baru atau benjolan yang mengalami perubahan di tubuh Anda, periksalah ke dokter sesegera mungkin.


Informasi Anda Genggam


Loading...