Ini Kreteria Capres 2024 yang Diinginkan PDIP: Tak Melulu Soal Elektabilitas

Azhar
Senin, 10 Januari 2022 | 08:11 WIB
Bendera PDIP. Sumber: Internet R24/azhar Bendera PDIP. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membeberkan syarat capres untuk diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dikutip dari suara.com, Senin, 10 Januari 2022.

Hasto menegaskan seorang calon presiden harus memiliki semangat kepemimpinan.

Termasuk tak hanya sekedar memiliki elektoral semata. Namun, harus memiliki semangat sebagai seorang pemimpin. Seperti yang terjadi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memiliki elektabilitas tinggi terkait Pilpres 2024.

Baca juga: Ini Perkembangan Terbaru Soal Koalisi Indonesia Bersatu

"Calon presiden juga harus memiliki spirit kepemimpinan Indonesia bagi dunia, pemahaman terhadap kebudayaan sehingga bukan elektoral semata," ujarnya.

Menurutnya, elektabilitas hanyalah sebuah kepercayaan rakyat kepada kader PDI Perjuangan.

Namun, Hasto mengingatkan untuk menjadi seorang presiden diperlukan keteguhan dalam memimpin dan kemampuan teknokratis untuk menjabarkan seluruh aspek-aspek ideologis.

Hasto menegaskan, partainya belum memutuskan nama untuk didukung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: Ketika Deportasi Adalah Lambang Penghinaan

PDIP hanya terus memperkuat konsolidasi sekaligus mematangkan kaderisasi.

Upaya itu menurutnya dapat menghasilkan kepemimpinan yang ideologis sesuai Pancasila dan meletakkan masa depan bagi masyarakat yang dipimpinnya.

Karena itu, Hasto menganggap stok pemimpin yang bisa didukung untuk Pilpres 2024 banyak dan tak ada masalah di dalamnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...