Manfaat Mencengangkan dari Omega-3 yang Didapat dari Minyak Ikan

Amerita
Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:17 WIB
ilustrasi/net R24/ame ilustrasi/net

RIAU24.COM - Minyak ikan merupakan satu dari banyaknya suplemen yang paling umum dikonsumsi. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk kesehatan Anda.

Baca juga: Dear Ladies, Ini 5 Trik Mencegah Pelakor dalam Hubungan Kamu, Dijamin Pasti Ampuh!


Perlu diketahui bahwa minyak ikan adalah lemak atau minyak yang diekstraksi dari jaringan ikan. Biasanya berasal dari ikan seperti tuna, makarel dan cod.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mengonsumsi 1-2 porsi ikan per minggu. Ini karena asam lemak omega-3 pada ikan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk perlindungan terhadap sejumlah penyakit.

Baca juga: Gejala Kanker Serviks, Inilah 10 Tanda Peringatan Yang Harus Diwaspadai Wanita


Namun jika Anda tidak begitu suka ikan, mengonsumsi suplemen minyak ikan bisa jadi pilihan.

Omega-3 utama dalam minyak ikan adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), sedangkan omega-3 dalam sumber nabati terutama asam alfa-linolenat (ALA).

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak ikan memiliki tingkat risko penyakit jantung yang jauh lebih rendah.

Selain itu, minyak ikan juga baik untuk otak. Ini karena otak terdiri dari hampir 60% lemak, dan sebagian besar lemak ini adalah asam lemak omega-3. Oleh karena itu, omega-3 sangat penting untuk fungsi otak normal.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 darah yang lebih rendah.

 


WHO Omega-3
Informasi Anda Genggam


Loading...