5 Manfaat Dahsyat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Rizka
Sabtu, 15 Januari 2022 | 22:59 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Ciplukan adalah buah yang tanamannya tumbuh liar dengan buah yang tertutup kulit seperti lampion. Ciplukan adalah buah musim panas tropis dengan rasa manis dan asam yang unik. Meskipun ciplukan dapat tumbuh subur di berbagai negara beriklim tropis, tapi buah ini sebenarnya asli Amerika.

Tapi jangan salah, meskipun tanaman ini biasanya tumbuh liar dan buahnya bisa didapatkan secara gratis, tapi ciplukan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memiliki sifat antioksidan.

Dalam studi yang dipublikasikan di Biological and Pharmaceutical Bulletin, ekstrak yang dibuat dari berbagai konsentrasi etanol dari seluruh tanaman dievaluasi aktivitas antioksidannya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ekstrak etanol ciplukan mengandung aktivitas akntioksidan yang baik, dan diperoleh sifat antioksidan tertinggi.

Baca juga: Tak Sengaja Menelan Alat Tes Swab Covid-19, Wanita Ini Terpaksa Menjalani Operasi

2. Melindungi hati dan ginjal dari fibrosis.

Dalam penelitin tersebut, diketahui bahwa komposisi kimiawi dari akar tanaman menunjukkan adanya alkaloid, dengan padatan dan flavonoid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ciplukan aman dikonsumsi dan dapat membantu memperbaiki penyakit fibrosis. Karenanya, dapat disimpulkan bahwa konsumsi ciplukan dapat melindungi hati dan ginjal dari fibrosis.

3. Ciplukan dapat membantu keterampilaan kognitif.

Ini karena kandungan vitamin C dalam buah ini membantu menunda pembentukan plak amiloid di jalur kognitif. Vitamin C juga membantu menjaga kognisi, fokus, dan memori yang sehat. Namun, dijelaskan dalam laman Heatline, ciplukan juga bisa beracun jika dimakan mentah. Ini karena ciplukan yang masih mentah mengandung solanin, yang dapat menyebabkan diare dan perut terasa sangat tidak nyaman.

4. Dapat meningkatkan fungsi penglihatan.

Baca juga: Hasil Penelitian Menunjukkan Pengobatan Tradisional Tiongkok Efektif Dalam Mengobati Kasus Covid-19 Ringan

Menurut studi pada Jurnal Clinical & Experimental Ophthalmology, diet tinggi karatenoid dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari degenerasi macula terkait usia, yang merupakan penyebab utama kebutaan. Secara khusus, karotenoid lutein dikenal akan kemampuannya untuk mencegah penyakit lama. Lutein dan karotenoid lainnya, termasuk zeaxanthin dan lycopene, juga telah tebukti melindungi dari kehilangan penglihatan akibat diabetes.

5. Baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari laman WebMD, satu cangkir buah ciplukan mengandung lebih dari 50 persen nilai harian vitamin C. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ciplukan juga berperan dalam pembentukan kolagen, yang mendorong penyembuhan luka.


Informasi Anda Genggam


Loading...