Kerbau ini Dihargai Rp.500 Juta Karena Diyakini Bisa Bawa Arwah Orang Meninggal ke Surga

Fitrianto
Selasa, 18 Januari 2022 | 11:32 WIB
WallpaperBetter R24/anto WallpaperBetter

RIAU24.COM -  Saleko disebut sebagai kerbau dengan kasta tertinggi. Harga jualnya mulai dari Rp500 juta sampai Rp1 miliar. Kerbau belang ini memiliki nilai yang tinggi karena ada alasannya.

Kerbau Saleko atau tedong Saleko biasa dipakai untuk ritual mengantar arwah ke tempat peristirahatan terakhirnya. Kerbau Saleko ini diyakini bisa mengantar arwah orang yang sudah meninggal ke surga.

Karena itulah harganya sangat mahal. Ya, bisa dibilang uang yang dipakai untuk membeli kerbau Saleko ini bisa dipakai untuk membeli bus hingga membeli rumah.

Baca juga: Erick Thohir Berencana Nginap di Lokasi Asli KKN di Desa Penari, Dimanakah Itu ?

Bagi masyarakat Tana Toraja, Sulsel, kerbau diyakini sebagai kendaraan bagi arwah menuju akhirat. Selain diternakkan dan dipakai untuk membajak sawah, kerbau juga dianggap hewan sakral dan simbol status sosial.

Kerbau bahkan diyakini sebagai sesembahan tertinggi bagi masyarakat adat Toraja yang meninggal. Kerbau selalu dipakai dalam ritual rambu solo. Rambu Solo sendiri biasanya dilakukan berhari-hari dan dihadiri ribuan warga dan ritual ini biasanya dilakukan oleh keluarga bangsawan.

Namun, Rambu Solo kini bisa dilakukan oleh keluarga non bangsawan. Mereka biasanya adalah orang yang berkecukupan. Hal tersebut diungkapkan oleh tokoh adat dari Tana Toraja, Yoshafat.

Baca juga: Ada Apa dengan Hari Kebangkitan Nasional?

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai sapi yang dijual dengan harga termahal ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @diversa.fakta (15/01/2022). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka


Sapi Mahal
Informasi Anda Genggam


Loading...