Peneliti Amerika Ungkap Manfaat Sunat, Cegah Kanker Kelamin hingga Infeksi Saluran Kemih

Devi
Selasa, 18 Januari 2022 | 13:36 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM - Bukan hanya sekadar bagian dari tradisi di Indonesia, sunat digambarkan sebagai pengangkatan kulit penis yang bermanfaat bagi kesehatan. Biasanya, sunat dilakukan untuk berbagai alasan baik itu tradisi budaya, keyakinan agama, atau pembersihan diri. Melakukan sunat untuk alasan medis masih menjadi perdebatan para ahli. American Academy of Pediatrics mengungkapkan laki-laki yang disunat bisa mendapat manfaat kesehatan daripada risikonya.

Konon, penis yang tidak disunat lebih rentan terhadap perkembangan bakteri. Karena kulit kulup yang tidak diangkat dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran. Bila dibiarkan kotoran tersebut dapat menumpuk dan dapat menginfeksi organ reproduksi pria.

Lalu apa saja manfaat sunat bagi kesehatan? Simak ulasannya seperti dirangkum dari iNews.id:

Baca juga: Mengerikan, 206 Batu Ginjal Diangkat Dari Tubuh Seorang Pria Hyderabad Berusia 56 Tahun Dalam Operasi Selama 1 Jam



1. Menurunkan risiko infeksi saluran kemih

Meskipun saluran infeksi kemih pada laki-laki cenderung lebih rendah, tapi infeksi ini lebih sering terjadi pada laki-laki yang tidak disunat.

2. Menurunkan risiko penyakit menular seksual

Laki-laki yang disunat beresiko lebih rendah terkena resiko penyakit menular seksual seperti HIV, Herpes kelamin, Sivilis dan sebagainya. Meski demikian, melakukan seks yang aman tetap menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

3. Melindungi dari risiko kanker penis

Manfaat melakukan sunat atau khitan untuk kesehatan yang ketiga bisa melindungi pria dari kanker penis dan kanker serviks pada pasangan wanitanya. Walaupun kanker penis tergolong sangat jarang, pria yang disunat cenderung lebih aman dari kanker penis.

4. Mencegah dari berbagai penyakit penis

Menurut hasil survey para ahli mengatakan bahwa sekitar 3 persen laki-laki yang tidak disunat akan berakhir minta sunat saat mereka tumbuh dewasa. Hal ini terjadi karena usia dewasa sering kali mengalami fimosis atau kondisi saat kulit kulup penis tidak dapat ditarik kembali.

Baca juga: Cacar Monyet Kian Merajalela, Ternyata Korbannya Kebanyakan Pria Gay dan Biseksual

5. Mencegah pembengkakan dan peradangan kepala penis

Manfaat melakukan sunat yaitu dapat membantu mencegah dari berbagai penyakit penis yang sangat mengerikan, salah satunya pembengkakan dan peradangan kepala penis. Tak hanya itu saja, meski manfaat sunat dapat mencegah dari berbagai penyakit penis, kesehatan penis juga wajib Anda perhatikan. 


Informasi Anda Genggam


Loading...