Setelah Pakistan, Bank Sentral Rusia Menyerukan Larangan Total Terhadap Crypto

Devi
Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:01 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM -  Jalan untuk industri kripto di seluruh dunia tampaknya tidak akan menjadi lebih mudah dalam waktu dekat.

Setelah bank sentral Pakistan mengumumkan minggu lalu tentang peningkatan langkah-langkah menuju larangan total terhadap kripto , sekarang bank sentral Rusia sedang mencari larangan penuh terhadap penambangan dan investasi kripto.

Baca juga: Harganya Sampai 700 Ribu, Dress yang Bisa Naik Turun Ini Mendadak Viral dan Laris Manis

Larangan Crypto Rusia

Bank sentral Rusia menginginkan larangan crypto total

Kemarin, Bank Sentral Rusia mengusulkan untuk sepenuhnya melarang investasi dan penambangan cryptocurrency , bergabung dengan banyak pemerintah lain di seluruh dunia yang bertujuan untuk menindak crypto, mengutip ancaman terhadap stabilitas moneter negara mereka.

Menurut Bank Sentral, 'permintaan spekulatif' mendorong pertumbuhan pesat mata uang kripto terdesentralisasi, dan ini berisiko menciptakan gelembung di pasar.

Bank juga menyatakan bahwa “ Cryptocurrency juga memiliki tanda-tanda piramida keuangan karena kenaikan harganya sebagian besar didorong oleh permintaan yang ditunjukkan oleh pelaku pasar baru.”

Dalam makalah konsultasinya, Bank Sentral Rusia mengatakan pihaknya berusaha untuk melarang lembaga keuangan berinvestasi atau melakukan operasi apa pun dengan cryptocurrency. Ini juga berusaha untuk melarang pertukaran cryptocurrency dan platform apa pun yang memfasilitasi sirkulasi cryptocurrency.

Sesuai perkiraan bank, transaksi warga Rusia menggunakan cryptocurrency terdesentralisasi berjumlah $ 5 miliar per tahun.

Bank Sentral juga mengusulkan pelarangan penambangan crypto di Rusia, pasar penambangan crypto terbesar ketiga, mengutip ancaman terhadap stabilitas keuangan Rusia melalui “konsumsi yang tidak produktif” dari tenaga listrik “dan implementasi agenda lingkungan Rusia.”

Baca juga: Meski Pandemi Telah Berakhir, Badai PHK di Startup Belumlah Usai

Bagaimana dengan Bank Sentral Pakistan? Apakah Crypto Dilarang Di Pakistan?

Bank sentral Pakistan menginginkan larangan crypto total

Pekan lalu, bank sentral Pakistan telah mengajukan proposal untuk melarang semua bentuk cryptocurrency. Disebutkan bahwa risiko yang terlibat dalam perdagangan Bitcoin, Ethereum, dan koin kripto lainnya jauh lebih besar daripada potensi manfaatnya. 

Menurut komite "analisis risiko-manfaat" Bank Negara Pakistan (SBP), yang dibentuk berdasarkan arahan dari Pengadilan Tinggi, cryptocurrency menghabiskan cadangan devisa nasional dan mendorong pembiayaan ilegal.

Permintaan Untuk Melarang 1.600+ Situs Web Crypto

Dan menuju langkah untuk sepenuhnya melarang crypto ini, Badan Investigasi Federal (FIA) telah mengambil langkah besar dengan meminta Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA) untuk melarang lebih dari 1.600 situs web crypto. Tindakan ini diikuti setelah rekomendasi larangan crypto lengkap oleh bank sentral minggu lalu. 

Pernyataan yang Berlawanan

Sementara itu, dalam pernyataan sebaliknya, menteri sains Pakistan menyatakan bahwa pemerintah bermaksud untuk 'meregulasi' kripto di negara tersebut . Dalam beberapa hari mendatang, masih harus dilihat apa yang sebenarnya akan dihasilkan oleh tindakan negara tersebut, larangan total terhadap kripto, atau 'peraturan'.

Baca juga: Meski Pandemi Telah Berakhir, Badai PHK di Startup Belumlah Usai

Negara Pelarangan Crypto Lainnya

Larangan kripto Turki

Dalam dekade terakhir ini, banyak negara telah vokal menentang cryptocurrency. Sementara beberapa negara telah sepenuhnya melarang kripto, seperti Cina, Bangladesh, Mesir, Turki dll, banyak yang telah membatasi sebagian pada kripto di negara masing-masing.

tagihan kripto India

Sejauh menyangkut Industri Crypto India , masa depan tetap suram. Cryptocurrency and Regulation of Official Digital Currency Bill, 2021 yang banyak dinanti dan ditunggu-tunggu adalah titik fokus yangdilihat oleh semua investor crypto. Kejelasan RUU ini akan menunjukkan apakah cryptocurrency akan dilarang atau diatur di India.


Informasi Anda Genggam


Loading...