Militer Rusia Punya Pesawat Tempur Lengkap dengan Dapur dan Toilet, Amerika Belum Punya

Azhar
Minggu, 23 Januari 2022 | 08:18 WIB
Sukhoi Su-34 Fullback. Sumber: wikimedia commons R24/azhar Sukhoi Su-34 Fullback. Sumber: wikimedia commons

RIAU24.COM -  Ragam fitur disamatkan pada pesawat tempur Sukhoi Su-34 Fullback milik Angkatan Udara Rusia.

Fitur tersebut bahkan digadang-gadangkan tak dimiliki oleh pesawat tempur manapun di dunia ini dikutip dari sindonews.com, Minggu, 23 Januari 2022.

Yang pertama, Su-34 Fullback memiliki peran ganda sebagai pesawat serang (fighter) sekaligus sebagai pengebom (bomber).

Kedua, Su-34 dibuat untuk memiliki daya jelajah luas dan mampu membawa banyak persenjataan.

Karena itu, Su-34 memiliki jangkauan maksimum 4.000 kilometer tanpa pengisian bahan bakar ulang dan memiliki 12 cantelan untuk membawa persenjataan seberat 8.000 kg.

Ketiga, bentuk hidung pesawat yang mirip paruh platipus yang berukuran besar disebut mampu memberikan ruang luas bagi sejumlah perangkat radar canggih yang dipasang pada Su-34.

Di belakang paruh platipus ini ada antena untuk sistem radar Sh141 untuk misi udara ke darat dan udara ke udara. Radar ini memungkinkan Su-34 untuk terbang tanpa pengawalan.

Baca juga: Firaun Ini Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Siapa?

Keempat, bentuk kokpit Su-34 yang luas untuk menyediakan fasilitas dapur dan toilet bagi pilot.

Jangan diartikan seperti pesawat sipil kebanyakan. Arti dapur yang sesungguhnya yakni unit pemanas, bukan microwave, yang dirancang untuk menghangatkan makanan kaleng.

Sedangkan yang disebut toilet hanya berupa wadah sanitasi berbentuk tabung logam dengan lubang kerucut di salah satu ujungnya.

Tabung ini digunakan pilot untuk buang air kecil ke dalam misi penerbangan jarak jauh.

Baca juga: Buaya Raksasa Ini Sengaja Dilepas di Perbatasan AS-Meksiko untuk Takut-takuti Para Migran yang Hendak Nyebrang Ilegal

Pesawat ini juga menyediakan ruang buat satu awak untuk meninggalkan tempat duduk mereka dan berdiri tegak di kompartemen di belakang kokpit.

Pilot juga bisa berbaring tengkurap, dengan kepala dan tubuh mereka di atas pintu masuk dan kaki mereka di antara kursi lontar.

Su-34 Fullback ini juga memiliki bangku pijat otomatis, memiliki tempat duduk berdampingan. Pilot berada di sebelah kiri dan operator sistem navigator/senjata di sebelah kanan.

Dan yang terakhir, untuk memasuki kokpit yang amat lapang ini, pilot masuk melalui tangga dari rongga roda depan.


Informasi Anda Genggam


Loading...