Ketika Banyak Orang Jatuh Miskin, Harta 10 Orang Terkaya di dunia Ini Meningkat Dua Kali Lipat saat Pandemi

Rizka
Minggu, 23 Januari 2022 | 22:20 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Pandemi Covid-19 telah membuat orang-orang terkaya di dunia semakin bergelimang harta, di sisi lain banyak orang jatuh ke dalam lubang kemiskinan, menurut lembaga Oxfam.

Pendapatan rendah bagi orang miskin di dunia telah menyumbang 21.000 kematian setiap harinya, menurut laporan lembaga itu. Sebaliknya, harta 10 orang terkaya di dunia meningkat rata-rata dua kali lipat sejak Maret 2020, kata Oxfam.

Oxfam biasanya mengeluarkan laporan mengenai ketimpangan global pada saat dimulainya pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Pertemuan tersebut biasanya dihadiri ribuan pemimpin perusahaan dan politikus, selebriti, juru kampanye, ekonom, dan wartawan yang berkumpul di resor ski Swiss itu untuk berdiskusi secara panel, pesta minuman dan bercakap-cakap di antara mereka.

Baca juga: Ngaku Hamil 5 Bulan, Dea OnlyFan Berharap Tak Dipenjara

Namun, dalam dua tahun terakhir, pertemuan itu (yang dijadwalkan pekan ini) akan berlangsung secara daring setelah kemunculan varian Omicron yang menggagalkan rencana pertemuan secara tatap muka. Forum diskusi selama sepekan itu akan meliputi kemungkinan masa depan dari pandemi, kesetaraan vaksin, dan transisi energi.

Kepala eksekutif Oxfam GB, Danny Sriskandarajah, mengatakan lembaganya sengaja mengeluarkan laporan setiap tahun yang bertepatan dengan forum pertemuan Davos untuk menarik perhatian elit politik, bisnis, dan ekonom.

"Tahun ini, apa yang terjadi, berada di luar perkiraan," katanya.

"Ada miliarder baru yang muncul hampir tiap hari di saat pandemi, sementara 99% populasi manusia di dunia makin buruk karena terdampak kebijakan karantina wilayah, perdagangan internasional makin turun, pariwisata internasional makin lesu, dan sebagai hasilnya, 160 juta orang lebih terdorong ke dalam jurang kemiskinan."

Baca juga: Pelaut Ini Selalu Lolos dari Kepungan dan Kejaran Belanda, Siapa?

"Ada yang sangat cacat dengan sistem ekonomi kita," tambahnya.

Berdasarkan daftar dari Forbes yang dikutip oleh lembaga ini, 10 orang terkaya di dunia adalah: Elon Musk, Jeff Bezos, Bernard Arnault and family, Bill Gates, Larry Ellison, Larry Page, Sergey Brin, Mark Zuckerberg, Steve Ballmer dan Warren Buffet.

Secara keseluruhan, harta mereka tumbuh dari $700 miliar (Rp10 ribu triliun) menjadi $1.5 triliun (Rp21 ribu triliun lebih). Namun ada variasi peningkatan kekayaaan di antara mereka, misalnya Elon Musk hartanya tumbuh lebih 1000%, sementara Bill Gates hanya naik 30%.


Informasi Anda Genggam


Loading...