Hubungan Anjlok, Taiwan Ogah Hadir di Acara Olimpiade Musim Dingin di China

Amerita
Selasa, 25 Januari 2022 | 21:56 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM - Pemerintah Taiwan pada Selasa (25/1), mengkonfirmasi pihaknya tak akan mengirim perwakilan ke Olimpiade Musim Dingin Beijing meski atletnya akan bertanding.

Taiwan berkompetisi di sebagian besar acara olimpiade sebagai China Taipei.

Hubungan Taiwan dan China anjlok dalam dua tahun terakhir, apalagi sejak Beijing meningkatkan tekanan militer dan diplomatik untuk menegaskan klaim teritorialnya, termasuk penerbangan angkatan udara reguler ke zona pertahanan udara Taiwan.

Dalam sebuah pernyataan, Dewan Urusan Daratan Taiwan yang membuat kebijakan China mengatakan para atletnya akan bertanding di Olimpiade seperti biasa. 

“Selain itu, mengingat jumlah peserta yang terbatas dan preseden sebelumnya bahwa pejabat dari pihak kami sering absen, tidak ada perwakilan resmi yang akan dikirim,” tambahnya.


"Kami mengimbau kepada penyelenggara tahun ini untuk mematuhi 'Piagam Olimpiade' dan tidak menggunakan faktor politik untuk mencampuri persaingan dan menekan serta meremehkan pihak kami. Unit pemerintah terkait juga akan siap merespons berbagai keadaan darurat," tambahnya, tanpa menguraikan.


Taiwan China
Informasi Anda Genggam


Loading...