Inilah Jenis Ubur-Ubur Terbesar dan Mematikan di Dunia

Fitrianto
Jumat, 28 Januari 2022 | 10:36 WIB
Lovepik R24/anto Lovepik

RIAU24.COM -  Ubur-ubur surai singa atau lion’s mane jellyfish. Mereka dinobatkan jadi spesies ubur-ubur terbesar di dunia. Gak cuma besar, mereka juga punya lebih dari seribu tentakel untuk menyengatmu! 

Ubur-ubur dengan nama ilmiah Cyanea capillata ini suka berenang di perairan dingin. Dilansir laman Thoughtco, habitat mereka biasanya bertemperatur kurang dari 20 derajat Celsius. Kamu bisa menemukan mereka berenang-renang sendirian atau dalam kelompok di perairan dingin Samudra Atlantik Utara dan Samudra Pasifik.

Layaknya ubur-ubur pada umumnya, ubur-ubur surai singa tidak memiliki lubang pengeluaran atau anus. Jadi, jangan kaget kalau mereka makan dan buang air lewat lubang yang sama. Mereka juga tidak memiliki organ otak dan jantung, 

Baca juga: Erick Thohir Berencana Nginap di Lokasi Asli KKN di Desa Penari, Dimanakah Itu ?

Mengutip laman Oceana, ubur-ubur surai singa punya delapan kelompok tentakel yang masing-masing bisa terdiri dari 150 tentakel. Bila ditotal, satu ekornya bisa punya lebih dari seribu tentakel! Tentakel lebat nan tipis inilah yang menginspirasi penamaan surai singa atau lion’s mane pada ubur-ubur menakjubkan satu ini.

Laman Britannica menyebutkan spesimen ubur-ubur surai singa berukuran raksasa ditemukan di Samudra Arktik. Ukuran diameter tubuhnya mencapai lebih dari 2 meter dan panjang tentakelnya sekitar 36,5 meter! Gak heran kalau mereka dinobatkan jadi spesies ubur-ubur terbesar di dunia!

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai ubur-ubur spesies terbesar di dunia ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @divarsa.fakta (24/01/2022). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka


Ubur Ubur
Informasi Anda Genggam


Loading...