Inilah Fakta dan Sejarah Boneka Arwah Atau Spirit Doll

Fitrianto
Jumat, 28 Januari 2022 | 10:39 WIB
KRJOGJA R24/anto KRJOGJA

RIAU24.COM -  1. Asal usul.
Spirit doll pertama dibuat oleh orang-orang primitif untuk tujuan keagamaan dalam bentuk boneka, patung, dan voodoo. Benda-benda ini kemudian diakuisisi oleh peradaban untuk tujuan mistik. Di daerah Afrika, boneka atau patung diangggap sebagai kekuatan perwujudan roh yang dapat menyembuhkan atau melindungi. Selain daerah-daerah ini, masih banyak tempat lain yang menggunakan boneka untuk aktivitas spiritual dengan cara yang berbeda-beda.

2. Spirit doll dan pengobatan.
Pada tahun 2006, seorang seniman bernama Barb Kobe membuat kelas yang ia beri nama Medicine Dolls: How to Make Healing Dolls for Yourself. Ia membuat kelas itu karena yakin bahwa membuat boneka dapat membantu seseorang untuk sembuh pada tingkat fisik, emosional, mental, dan spiritual. Barb Kobe juga yakin bahwa boneka mewakili bagaimana kita memandang diri kita sendiri. Dalam proses pembuatan boneka, peserta harus melibatkan intuisi, bermain, dan berdialog dengan boneka.

3. Komersialisasi.
Boneka-boneka ini membawa daya tarik yang tidak dimiliki boneka biasa karena boneka bernyawa seperti ini membutuhkan bukti – setidaknya dari sebuah cerita – agar dapat meyakinkan calon pembeli. Seperti eBay, Amazon, Etsy, dan situs lainnya. Penjualan spirit doll sering disertai dengan cerita tentang sejarah boneka dan fenomena paranormal. Dari segi harga, harga spirit doll tentu jauh lebih mahal daripada boneka pada umumnya.

Baca juga: Ngaku Hamil 5 Bulan, Dea OnlyFan Berharap Tak Dipenjara

4. Diperlakukan istimewa.
Sebagai gantinya, pemilik spirit doll harus memberikan rasa hormat padanya. Pemilik spirit doll perlu memberikan persembahan, seperti buah, makanan, bunga, dupa, dan minuman keras. Mereka meyakini bahwa saat berinteraksi dengan boneka, seseorang mungkin mengalami perasaan berbeda yang juga bisa menandakan bahwa boneka itu menginginkan persembahan tertentu.

5. Sempat jadi tren di Thailand dan dianggap membawa keberuntungan.
Sebelum viral di Indonesia, mengadopsi spirit doll pernah menjadi tren di Thailand, menurut laporan laman BBC. Orang-orang di sana meyakini bahwa boneka-boneka ini membawa keberuntungan. Mereka juga memanjakan spirit doll layaknya anak sendiri. Setelah membeli boneka, pemilik kemudian 

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai fakta dan sejarah dari boneka arwah ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @top5_id (24/01/2022). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka


Informasi Anda Genggam


Loading...