Tahukah Anda, Ilmuwan Pernah Temukan Air Mengalir di Mars 2 Miliar Tahun

Devi
Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:43 WIB
Foto : India.com R24/dev Foto : India.com

RIAU24.COM - Misi Mars yang telah berjalan lama telah menunjukkan bahwa air cair mungkin telah mengalir di planet ini sekitar dua miliar tahun yang lalu, yang jauh lebih lambat dari yang diyakini para ilmuwan, menurut sebuah laporan oleh LiveScience. 

air mars

Baca juga: Segera Tinggalkan 4G, Ini Kelebihan 5G

Para ilmuwan menemukan keberadaan endapan garam klorida yang ditinggalkan oleh air yang mengalir berdasarkan data bertahun-tahun yang dikumpulkan dari Mars Reconnaissance Orbite r NASA yang telah mengelilingi planet ini sejak 2006.

Ini dimungkinkan dengan mempelajari beberapa gambar endapan garam yang diambil dari Compact Reconnaissance Imaging Spectrometer for Mars (CRISM) pengorbit. Mereka menafsirkan usia yang lebih muda untuk deposit garam menggunakan metode yang disebut 'penghitungan kawah' -- pada dasarnya, jika suatu wilayah lebih muda, ia memiliki lebih sedikit kawah -- bersama dengan penyesuaian parameter lain seperti atmosfer planet, untuk membantu para ilmuwan lebih baik mengukur usianya. 

Baca juga: Tahukah Kamu? IPhone yang Hilang Membuat Warren Buffett Berinvestasi Miliaran di Apple, Inilah Alasannya

Hasil baru mendorong keberadaan air di Mars dari yang diyakini sebelumnya tiga miliar tahun menjadi hanya dua miliar tahun yang lalu. Ini bisa menawarkan lebih banyak wawasan tentang kehidupan di Mars serta sejarah geologisnya. 

 Leslie Tamppari, wakil ilmuwan proyek MRO di Jet Propulsion Laboratory NASA, menjelaskan, "Sebagian dari nilai MRO adalah pandangan kita tentang planet ini terus menjadi lebih detail dari waktu ke waktu. Semakin banyak planet yang kita petakan dengan instrumen kita, semakin baik kita dapat memahami sejarahnya."

kawah mars

Para ilmuwan juga membuat peta ketinggian menggunakan kamera konteks sudut lebar pengorbit dan citra yang disediakan oleh Eksperimen Sains Pencitraan Resolusi Tinggi (HiRISE) yang dapat melihat kawah sekecil rover Perseverance. 

Mineral garam pertama kali ditemukan oleh Mars Odyssey sekitar 14 tahun yang lalu, tetapi MRO, dengan perangkat keras beresolusi lebih tinggi, menawarkan tampilan yang lebih mendalam. 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...