Keutamaan Sedekah Jumat, Hilangkan Sifat Sombong Hingga Cegah Kematian yang Buruk

Amerita
Jumat, 04 Februari 2022 | 10:24 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi
Bea Cukai

RIAU24.COM - Bagi umat Muslim, hari Jumat dianggap sebagai hari yang paling mulia. Keutamaan hari Jumat juga disebutkan di sebuah hadist yang berbunyi: 

Baca juga: Cara Menambah Tinggi Badan dan Faktor Penyebab Tubuh Sulit Tumbuh


Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda: “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan doa itu.” (HR.Muslim).

Ada banyak keutamaan jika kita melakukan hal-hal baik di hari Jumat, seperti bersedekah.

Baca juga: Bagaimana Air Mata Tercipta dan Bisakah Kita Kehabisan?


Bersedekah di hari Jumat Allah janji akan lipatgandakan padahalanya. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan.”

Ustaz khalid Basalamah juga pernah menyampaikan tentang keutamaan bersedekah di hari Jumat.

“Kemudian di hari Jumat, apapun yang bapak dan ibu keluarkan dalam bentuk sodaqoh itu paling besar pahalanya. Apapun yang kita keluarkan di hari Jumat, baik itu makanan, minuman, membantu membersihkan rumah saudara yang kebanjiran, apapun yang kita lakukan termasuk hadir di majelis,” kata Ustaz Khalid Basalamah melalui unggahan pada channel YouTube Khalid Basalamah Official.

Selain itu, terlepas dari hari apa kita bersedekah, tetap memiliki manfaatnya, seperti sabda Rasullullah: 

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su'ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri,” (HR Thabrani).


Jumat
Informasi Anda Genggam


Loading...