Belum Setahun Menjabat Sebagai Panglima TNI, Andika Perkasa Jadi Jenderal TNI Terkaya bahkan Melebihi Jokowi

Rizka
Jumat, 04 Februari 2022 | 10:43 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mempunyai kekayaan yang cukup fantastis. Bahkan, kekayaannya hampir tiga kali lipat dari harta Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan informasi dari sistem Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK pada Rabu (3/2), jumlah kekayaan Andika Perkasa mencapai Rp 179,9 miliar.

Dengan jumlah tersebut, Andika menjadi perwira tinggi paling kaya di lingkungan TNI.

Baca juga: Rizky Billar Diduga Main Api dengan Devina Kirana, Ayah Baby L ke Reza Arap: Selingkuh Itu Murah

Tertuang dalam LHKPN miliknya, Andika Perkasa tercatat memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 38,1 miliar. Jumlah tersebut merupakan total nilai dari 20 tanah serta tanah dan bangunan.

Total 20 tanah dan bangunan tersebut tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan, Andika Perkasa memiliki lima properti di luar negeri, satu di Australia, dan empat di Amerika Serikat.

Di LHKPN terakhir yang dilaporkan Andika Perkasa pada 20 Juni 2021, terdapat dua mobil milik mantan Danpaspampres Jokowi itu. Andika Perkasa tercatat memiliki mobil merek Landrover Sport 3.0 V 6 AT tahun 2014 dan Mercedes-Benz Sprinter 315 tahun 2018. Total nilai kedua mobil itu ditulis Rp 2,6 miliar.

Andika Perkasa juga memiliki kekayaan dari harta bergerak lainnya senilai Rp 10,1 miliar. Tidak disebutkan apa harta bergerak lainnya yang dimiliki eks KSAD itu.

Selain itu, Panglima TNI mempunyai surat berharga senilai Rp 2,1 miliar. Kekayaan terbesar Andika Perkasa berupa kas dan setara kas dengan besaran Rp 126,9 miliar.

Baca juga: Wakili Lesti Kejora Terima Piala 'Gorgeous Mom' Ucapan Irfan Hakim Tuai Sorotan Netizen

Jenderal bintang empat itu menyatakan tidak memiliki utang. Dari LHKPN KPK, Andika Perkasa diketahui memiliki kekayaan sebesar Rp 179.996.172.019 per 21 Juni 2021.

Kekayaan Andika Perkasa lebih dari dua kali lipat kekayaan Presiden Jokowi. Berdasarkan LHKPN milik Jokowi terakhir yang diserahkan pada tahun 2020, orang nomor satu di Indonesia itu mempunyai kekayaan sebesar Rp 63,3 miliar.


Informasi Anda Genggam


Loading...