Hari Pers Nasional 2022, PWI Bengkalis Komitmen Berkontribusi Demi Pembangunan Daerah

Dahari
Rabu, 09 Februari 2022 | 13:39 WIB
Pengurus PWI Kab Bengkalis dan Ketua PWI Provinsi Riau R24/hari Pengurus PWI Kab Bengkalis dan Ketua PWI Provinsi Riau
Bea Cukai

RIAU24.COM -BENGKALIS - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis Adi Putra mengajak seluruh insan pers khususnya yang tergabung dalam PWI untuk terus berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Ketua PWI dalam rangka Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2022. Menurutnya, Pers memiliki peran penting dalam proses pembangunan daerah.

"Selain memanfaatkan momentum HPN ini untuk merefleksi profesionalisme dalam menjalan tugas pokok pers, pers memiliki peran penting terhadap pembangunan daerah,"ungkap Adi Putra.

Disebut Adi, Pemerintah Kabupaten Bengkalis memiliki delapan program unggulan yang secara maksimal diimplementasikan untuk daerah Tahun 2022 ini. Agar program visi misi Pemerintah daerah untuk masyarakat Bengkalis berjalan sesuai rencana, PWI siap memberikan kontribusi terhadap informasi pembangunan itu. 

Baca juga: PC PMII Gelar Seminar Anti Narkoba Internasional

"Baik dalam rencana sampai pelaksanaan. Hal ini semata-mata agar apa yang dilakukan Pemerintah terhadap masyarakat Bengkalis tersampaikan. Begitu juga sebaliknya, apa yang menjadi aspirasi masyarakat untuk masukan pemerintah PWI menyampaikan," ungkapnya lagi.

Adi Putra menerangkan, selama 13 tahun PWI Bengkalis hadir di tengah masyarakat sudah memberikan kontribusi bagi daerah. Ia menegaskan, dalam pelaksanaan tugas wartawan dibawah naungan organisasi wartawan tertua di Indonesia ini bekerja secara profesional dan memegang teguh kode etik jurnalistik. 

"Pers bertugas sebagai penyambung lidah Pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya. Kegiatan-kegiatan penyampaian informasi itu harus dilakukan dengan cara-cara profesional dan sesuai kode etik jurnalistik (KEJ),"tegas Adi.

Utus Perwakilan HPN di Kendari

Senada disampaikan Sekretaris PWI Bengkalis Agustiawan menjelaskan, PWI Bengkalis ikut serta memeriahkan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan, Rabu (9/2/2022). Enam orang pengurus PWI Bengkalis hadir di puncak kegiatan yang difokuskan di Masjid terapung Al Alam Lalolara Kecamatan Kambu kota Kendari.

Tambahnya, Enam orang pengurus PWI Bengkalis yang ikut serta pada HPN Sultra diantaranya Penasehat PWI Bengkalis Yusrizal, Ketua PWI Bengkalis Adi Putra, Sekretaris PWI Bengkalis Agustiawan, Bendahara PWI Bengkalis Ismail, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Suhendra Setiawan dan Ketua Seksi Hukum dan Pembelaan Wartawan Muhammad Natsir.

Baca juga: Saat Berikan Jam Pimpinan, Dandim Bengkalis Letkol Inf Endik Y H Ingatkan Ini ke Jajarannya

“Seluruh perwakilan PWI Bengkalis  mengikuti serangkaian kegiatan sejak 7-10 Februari. Termasuk kegiatan puncak yang di hadiri Presiden Joko Widodo secara virtual,” ungkap Agustiawan. 

Dijelaskannya, Adapun acara yang diselenggarakan dalam HPN ini terdapat 40 rangkaian kegiatan. Ketua Umum PWI Pusat yang juga merupakan Penanggung Jawab HPN, Atal S Depari menjelaskan tentang acara yang diadakan dalam rangkaian puncak peringatan HPN 2022.

Konsep acara menekankan pada tiga tujuan penyelenggaraan HPN, yaitu 1. berkontribusi dalam pembangunan daerah, 2. menyuarakan kepentingan nasional, 3. membahas isu-isu strategis terkait kehidupan pers nasional.

Diantara rangkaian acara yang dilakukan seperti konvensi media massa pada tanggal 7 dan 8 Februari 2022, seminar pariwisata bangkit, seminar energi dan pertambangan, seminar moneter dan fiskal.

Selain itu ada juga workshop pendidikan jurnalistik, Diskusi Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Klinik Penulisan Kebudayaan, serta bakti sosial. Kegiatan tersebut dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Sedangkan untuk agenda kegiatan yang berlangsung secara tertutup di dalam ruangan hotel, akan menggunakan format hybrid yang merupakan kombinasi antara luring (offline) dan daring (online).

Agar masyarakat dan insan pers bisa mengikuti seluruh rangkaian acara Hari Pers Nasional terutama pada kegiatan acara puncak, panitia akan melakukan siaran langsung melalui streaming di berbagai kanal Youtube.

Banjir Ucapan Selamat

Kantor PWI Bengkalis Jalan Hasanuddin Kelurahan Bengkalis Kota di penuhi ucapan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022. Ucapan tersebut datang dari Bupati Bengkalis Kasmarni, Wakil Bupati Bagus Santoso, OPD, Forkopimda dan masyarakat Bengkalis.

Pantauan di kantor PWI, ucapan selamat berjejer sepanjang Jalan Hasanuddin dan halaman kantor PWI Bengkalis.

"Terimakasih atas partisipasi dan kepedulian terhadap PWI Bengkalis. Semoga sinergitas yang terbangun dapat berjalan dengan baik dan menjadikan Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera terwujud,"tambah Sekretaris PWI Agustiawan.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...