Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF Meninggal Dunia

Rizka
Jumat, 11 Februari 2022 | 09:35 WIB
google R24/riz google
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Berita duka datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua komisi Fatwa MUI, Prof. Dr. KH Hasanuddin AF dikabarkan wafat pada Kamis (10/2) pukul 23.00 WIB di RS Premier Bintaro. Beliau wafat dalam usia 76 tahun.

Kabar ini Hal itu disampaikan di situs resmi MUI.

"Innalillahi wainnailahi roji'un. Kabar duka datang dari keluarga besar Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua komisi Fatwa MUI, Prof. Dr. KH Hasanuddin AF dikabarkan wafat pada Kamis (10/2) pukul 23.00 WIB," dikutip dari situs resmi MUI, Jumat (11/2).

Baca juga: Najwa Shihab Sentil Pemerintah Terkait RUU KUHP Ancaman Penjara: Ajak Banyak Profesi hingga Trending di Twitter

Kabar tersebut juga disampaikan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis. Dia mengunggah foto Hasanuddin disertai doa berbahasa Arab di akun Twitter @cholilnafis.

"Semoga Allah SWT menerima amal baik beliau dan memberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Amin," bunyi tulisan di bawah foto Hasanuddin yang diunggah Cholil.

 

Hasanuddin menjabat Ketua Komisi Fatwa MUI pada kepemimpinan Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar. Dia menjabat pada periode 2020-2025. Hasanuddin mengisi posisi yang pada periode sebelumnya diduduki Asrorun Niam. Niam menjabat Ketua MUI pada periode 2020-2025.

Selain dikenal menjadi ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanudin AF adalah seorang Guru Besar pada Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca juga: Indonesia Didesak Untuk Memperketat Pembatasan Karena Kasus Subvarian Omicron Meningkat

Semasa hidup, Hasanudin dikenal sebagai sosok yang produktif dalam menulis. Salah satu buku dia yang banyak dikutip bertajuk Dinamika Fatwa MUI dalam Satu Dasawarsa.

Sebelum meninggal dunia, Hasanuddin sempat mengumumkan fatwa halal MUI untuk Vaksin Merah Putih. Dia memastikan vaksin buatan Universitas Airlangga itu tidak mengandung babi dan najis.


Informasi Anda Genggam


Loading...