Adakan Pertemuan dengan Jepang dan Korsel, Menlu AS Bahas Soal Nuklir Korut

Amerita
Minggu, 13 Februari 2022 | 20:44 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken bertemu dengan rekan-rekannya dari Jepang dan Korea Selatan pada Sabtu (12/2) di Hawaii untuk membahas ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Utara dengan serangkaian uji coba rudalnya.

Blinken mengatakan pada konferensi pers setelah pertemuan bahwa Korea Utara "dalam fase provokasi" dan ketiga negara mengutuk peluncuran rudal baru-baru ini.

“Kami benar-benar bersatu dalam pendekatan kami, dalam tekad kami,” kata Blinken setelah pembicaraannya dengan Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Eui-yong.

Dia mengatakan negara-negara itu "berkonsultasi dengan sangat dekat" tentang langkah-langkah lebih lanjut yang mungkin mereka ambil dalam menanggapi Korea Utara.

Ketiganya merilis pernyataan bersama yang menyerukan Korea Utara untuk terlibat dalam dialog dan menghentikan “kegiatan melanggar hukum.” 

Ketiga negara mengatakan mereka tidak memiliki niat bermusuhan dengan Korea Utara dan terbuka untuk bertemu Pyongyang tanpa prasyarat.

Korea Utara memiliki sejarah panjang menggunakan provokasi seperti uji coba rudal atau nuklir untuk mencari konsesi internasional. 


Informasi Anda Genggam


Loading...