Tak Banyak yang Tahu, Buah Ini Disebut-Sebut Mampu Mengobati Kanker, Disebut Sebagai Buah Masa Depan

Devi
Selasa, 01 Maret 2022 | 14:56 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM -  Di pasar Jumat Mapusa Goa, beberapa pedagang duduk di lantai dengan barang-barang untuk dijual, dan duduk di bangku samping adalah sirsak yang berharga. Ketika ditanya tentang harganya, seorang penjual mengutipnya dengan harga Rs 800 per buah, yang mungkin masih terlihat terjangkau mengingat buah tersebut dijual seharga Rs 2000 per buah. 

Penjual lain di jalur yang berbeda menjual sirsak dengan harga sedikit di atas Rs 900. Jadi, apa yang membuat sirsak menjadi milik yang berharga. Penduduk setempat sering mengatakan itu terlihat seperti nangka.

Dikenal secara lokal sebagai juliao, laxman phal , dan ranpatpanas , buah sederhana yang berasal dari Amerika Selatan dan Hindia Barat, menawarkan banyak sifat ajaib .

Menurut buku Julia Morton, “Buah dalam Iklim Hangat,” sirsak pertama kali disebutkan oleh Oviedo pada tahun 1526 sehubungan dengan pertumbuhannya di daerah asalnya. Catatan juga menunjukkan bahwa Mesoamerika di dataran rendah tropis hidup dari sirsak, selain alpukat dan kakao.

Baca juga: 5 Kesalahan Menggunakan Peralatan Masak Anti Lengket

Memang, mitos penciptaan merujuk pada dewa yang menawarkan buah-buahan kepada orang-orang termasuk custard apple, sirsak, mameys, dan banyak lagi. Sementara peradaban ini tidak menggunakan sirsak sebagai alat tukar seperti biji kakao, mereka masih merupakan salah satu buah pertama yang dibawa ke Asia oleh para pelaut Spanyol. Saat ini, banyak negara menanam sirsak t ermasuk Cina, Australia, Vietnam, Filipina, Malaysia, Kuba, Puerto Riko, Bahama, Venezuela, Argentina, Afrika Barat, Meksiko, dan sebagian Amerika Tengah. Beberapa daerah memproduksi sirsak secara komersial: di daftar pendek adalah Filipina, negara-negara di Karibia, dan sebagian Amerika Selatan. 

buah sirsak 

Di mana menemukan sirsak di India?

Di India, sirsak tumbuh di kebun dan sebagai tanaman hobi . Tanaman hobi ini kini telah menjadi kegemaran kesehatan di beberapa daerah di tanah air. Sirsak tumbuh dalam skala terbatas di daerah sub-tropis selatan India, termasuk Tamil Nadu, Karnataka, Andhra Pradesh, dan Kerala. 

Buahnya juga tumbuh liar di seluruh wilayah ini. Sirsak tumbuh subur di sepanjang daerah pesisir dengan cuaca tropis; mereka tidak akan mentolerir embun beku dan melakukan yang terbaik di tanah yang dikeringkan dengan baik dan semi-kering pada ketinggian di bawah 1.000 meter.

Meskipun rasanya menyenangkan (pikirkan nanas muskmelon, kelapa dalam satu), sirsak tidak sering muncul di pasar. Orang India yang tumbuh menikmati buah biasanya menceritakan tentang pohon yang tumbuh di halaman belakang rumah mereka, atau di belakang pagar tetangga.

Meskipun demikian, beberapa masuk ke pasar di Chennai, Goa, dan Bengaluru ketika sedang musim. Seseorang memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menemukan kerabat dekat sirsak, apel puding.

Baca juga: 10 Posisi Tidur Kucing dan Artinya yang Perlu Diketahui

Dipuji sebagai obat kanker

Buku, “Tanaman Obat di Andhra Pradesh” menjelaskan daun dan bunga sirsak bersifat sudorific, atau, merangsang keringat. Bunga dan kuncupnya mengobati radang selaput lendir hidung dan batuk; daunnya, bila diinfuskan, mengobati demam, disentri, sakit perut, dan bertindak sebagai antihelmintik.

Rebusan akar diberikan sebagai antispasmodik, parasitisidal, dan piscicidal. Kulit hijau, menurut penulis, adalah obat pencahar astringen dan manjur.

Daun dan buah sirsak juga telah mendapatkan reputasi sebagai anti kanker. Beberapa laporan mengklaim bahwa sirsak adalah "pembunuh sel kanker alami yang ajaib 10.000 kali lebih kuat daripada Kemoterapi."

 

pohon sirsak

Beberapa laporan mengklaim bahwa sirsak adalah "pembunuh sel kanker alami yang ajaib 10.000 kali lebih kuat dari Kemoterapi

Menurut Cancer Research UK, ekstrak graviola dapat membunuh beberapa jenis sel kanker hati dan payudara dalam penelitian laboratorium. Sel-sel ini resisten terhadap beberapa obat kemoterapi. Sebuah studi yang lebih baru menunjukkan bahwa ekstrak pulp graviola memiliki efek pada sel kanker prostat pada tikus. Tapi belum ada penelitian pada manusia. Banyak situs di internet yang mengiklankan dan mempromosikan kapsul graviola sebagai obat kanker. Tetapi organisasi kanker ilmiah terkemuka tidak mendukung mereka.

Sebuah artikel yang ditinjau secara medis di WebMD mengatakan bahwa para ilmuwan modern telah mempelajari tanaman tersebut selama 50 tahun. "Mereka melihat potensi janji dalam graviola. Mereka menemukan itu membunuh sel kanker dalam tabung reaksi dan dalam penelitian pada hewan. Apa yang mereka belum tahu adalah apakah itu bekerja sebagai pengobatan untuk kanker pada manusia," katanya.

Sirsak beradaptasi dengan daerah dengan kelembaban tinggi dan musim dingin yang relatif hangat; suhu di bawah 5 derajat Celcius akan menyebabkan kerusakan pada daun dan cabang kecil, dan suhu di bawah 3 derajat Celcius dapat berakibat fatal. Sirsak biasanya diperbanyak melalui biji, tetapi varietas tanpa serat dapat dicangkokkan. Sirsak juga dipuji sebagai buah yang muncul di masa depan. Tapi di tempat-tempat seperti, Goa, Karnataka dan Tamil Nadu, itu hanyalah pohon halaman belakang dengan sifat obat ajaib.


Informasi Anda Genggam


Loading...