Jauh Berbeda dengan Mamalia, Beginilah Cara Hiu Tidur

Amerita
Jumat, 18 Maret 2022 | 13:43 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM - Menurut temuan para ahli, hiu terkadang tidur dengan kedua mata terbuka.

Baca juga: 2 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan dan Hari Konvensi Ikan Paus


Para ilmuwan mengatakan bahwa hiu tidak tidur atau beristirahat dengan cara yang sama seperti mamalia. 

Baca juga: Suka Ngelawak, 4 Zodiak Ini Paling Humoris


Misalnya, beberapa hiu harus berenang terus-menerus, bahkan saat tidur, untuk menjaga agar air yang mengandung oksigen tetap mengalir di atas insangnya. 

Penelitian itu didukung oleh School of Life Sciences di La Trobe University di Melbourne, Australia, dan Institute of Marine Science di University of Auckland, dan Selandia Baru.

Pada mamalia, tidur berfungsi untuk melestarikan tingkat energi. Studi yang diterbitkan oleh Royal Society berangkat untuk menilai apakah tidur pada hiu memainkan peran yang sama.

Saat berenang dan beristirahat, hiu selalu membuka mata. Para ilmuwan menemukan bahwa ketika hiu tidak aktif selama lebih dari lima menit pada suatu waktu, mereka biasanya menutup mata.

Tingkat metabolisme, postur tubuh, dan waktu yang dihabiskan hiu untuk tidak aktif adalah cara yang dapat diandalkan untuk mengetahui apakah hiu sedang tidur.

Fakta bahwa tingkat metabolisme hiu lebih rendah selama tidur juga mendukung konservasi energi sebagai fungsi tidur pada hiu.


Mamalia Hiu
Informasi Anda Genggam


Loading...