Kosasih Kartadiredja, Wasit Sepak Bola Indonesia Pertama dengan Lisesi FIFA

Azhar
Kamis, 24 Maret 2022 | 10:49 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet R24/azhar Ilustrasi. Sumber: Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Kosasih Kartadiredja dinobatkan para pecinta sepakbola Indonesia sebagai wasit dengan lisensi FIFA pertama di Indonesia.

Sebelum menjadi wasit, Kosasih adalah pemain sepakbola untuk tim Perssi Sukabumi Junior pada tahun 1955 dikutip dari suara.com.

Melihat performanya yang mengagumkan, PSSI mengajukan Kosasih ke FIFA pada 1972. Tak lama berselang, Kosasih pun mendapatkan Lisensi dari FIFA.

Baca juga: Hasil Indonesia Open 2022: Akhirnya Vito Kalahkan Lee Zii Jia, Setelah 1 Jam Drama Pertandingan

Karir Kosasih di dunia sepakbola tanah air terbilang cemerlang terutama di dekade 1970-an. Salah satunya ketika dia memimpin sejumlah pertandingan domestik maupun internasional.

Beberapa diantaranya seperti memimpin pertandingan olimpiade junior di Jepang yang diikuti Diego Armando Maradona dari Argentina.

Untuk di Indonesia dia pernah memimpin pertandingan persahabatan antara Timnas melawan Benfica (Portugal), Ajax Amsterdam (Belanda), Cosmos (AS), dan Manchester United.

Baca juga: Merapat ke Chelsea, Bayaran Raphinha Lampaui Dua Senior dan Naik Nyaris Dua Kali Lipat

Tak hanya itu, dia juga dikenal tegas menolak suap. Ini pernah terungkap saat menjadi wasit Sea Games tahun 1981 dan ditawari 10.000 dolar (USD) untuk memenangkan Malaysia.

Kosasih meninggal dunia, Rabu, 23 Maret 2022 malam.


Informasi Anda Genggam


Loading...