Pria Asal Amerika Ditangkap Karena Menyelundupkan Ribuan Reptil Dalam Pakaiannya Dari Meksiko dan Hong Kong

Devi
Rabu, 30 Maret 2022 | 14:04 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Seorang pria California Selatan dituduh telah menyelundupkan lebih dari 1.700 reptil - termasuk bayi buaya dan kadal manik-manik Meksiko - ke AS sejak 2016, kata pihak berwenang Kamis. 

Jose Manuel Perez, juga dikenal sebagai "Julio Rodriguez," ditahan pada 25 Februari di perbatasan San Ysidro dengan Meksiko.

Baca juga: Kronologi Ibu-ibu Mercy Ketahuan Nyuri Cokelat, Bawa Pengacara Tuntut Maaf dari Karyawan Alfamart

Petugas patroli perbatasan menemukan sekitar 60 kadal dan ular diikat dalam tas kecil, "yang disembunyikan di jaket, saku celana, dan area selangkangan pria itu," kata pihak berwenang bulan lalu. Perez diduga memberi tahu agen bahwa hewan-hewan itu adalah hewan peliharaannya.

Perez, 30, dari Oxnard, telah berada dalam tahanan federal sejak itu dan Kantor Kejaksaan AS di Los Angeles pada Kamis mengumumkan dakwaan tambahan dalam dakwaan pengganti yang juga memasukkan saudara perempuan Perez sebagai terdakwa. Perez dijadwalkan akan didakwa di Los Angeles pada Senin. Pengacara federalnya di San Diego menolak berkomentar Kamis. Beberapa reptil yang diselundupkan adalah spesies yang dilindungi dan terancam punah, kata pihak berwenang.

Baca juga: Diduga Ingin Merampok Bank, Pria Ini Terjebak di Terowongan Roma

Mulai Januari 2016, Perez dan saudara perempuannya, serta yang lainnya, dituduh menggunakan media sosial untuk membeli dan menjual satwa liar di AS. Hewan-hewan, termasuk Yucatan dan kura-kura kotak Meksiko, diduga diimpor dari Meksiko dan Hong Kong tanpa izin.

Reptil itu awalnya dibawa ke rumah Perez di Missouri tetapi kemudian dikirim ke Oxnard ketika dia pindah ke California, kata pihak berwenang. Kakak perempuannya membantunya dalam bisnis penyelundupan, kata jaksa penuntut, terutama pada saat Perez dipenjara di AS.


Informasi Anda Genggam


Loading...