Pertanda Apa ini, Air Sungai di Denpasar Tiba-Tiba Berwarna Merah

Fitrianto
Sabtu, 09 April 2022 | 20:09 WIB
Tribun-Bali.com R24/anto Tribun-Bali.com

RIAU24.COM -  Air sungai di Denpasar, Bali yang tercemar hingga menjadi berwarna merah, tim Satgas DLHK sudah menyusuri kawasan sungai dan mengamankan seorang tersangka yang diduga pembuang limbah usaha sablon!

Salah seorang warga yang bertempat tinggal di Perumahan Resimuka Barat Permai, dekat dengan sungai tersebut mengungkap air sungai sudah berwarna merah sejak hari Kamis 7 April 2022 dini hari, ia menduga hal itu karena adanya limbah atau sampah industri.

Ia juga mengungkap hal ini sebenarnya bukan yang pertama kali, namun sudah berulang kali ada limbah industri dibuang ke sungai,

Baca juga: TNI Gelar Simulasi Jika Terjadi Gempa Super Kuat di Lombok Tengah

Sehingga air sungainya kadang berwarna merah kadang hijau, meskipun tidak muncul bau busuk, tetap saja ia menganggap itu ialah pencemaran lingkungan yang membahayakan alam.

Hal ini pun akhirnya mendapat tanggapan dari DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) Kota Denpasar, Bali yang langsung bergerak setelah video air sungai berwarna merah tersebut viral.

Kadis DLHK Denpasar, Putra Wirabawa mengatakan, tim Satgas DLHK sudah menyusuri kawasan sungai dan memang menemukan seorang pembuang limbah yang kini sudah diamankan bersama dengan barang bukti, pelaku tersebut membuang limbah industri ke sebuah saluran air yang bermuara ke sungai.

Baca juga: Kapolda Sumbar Komitmen Bakal Berantas Jaringan Tambang Liar

Dengan adanya temuan tersebut, pihaknya pun melakukan penertiban usaha sablon di sekitar kawasan tersebut dimana usaha sablon yang ternyata menjadi sumber limbah membuat warna air sungai berubah dan menimbulkan pencemaran lingkungan.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai Air sungai di Denpansar berubah warna jadi merah ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @baperanews. Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka


Informasi Anda Genggam


Loading...