Peluncuruan Oppo A96 dan Xiaomi 12 Series Jadi Sorotan

Fitrianto
Minggu, 10 April 2022 | 01:11 WIB
Kompas Tekno R24/anto Kompas Tekno
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Kabar terbaru dari dunia teknologi terkait series baru Oppo dan Xiaomi, kebocoran data pemerintah mulai dari prakerja hingga PNS, hingga aplikasi ramadhan yang diduga curi data pengguna!

Berikut ringkasannya.

1. Oppo A96 dan Xiaomi 12 diluncurkan ke pasaran
Oppo dan Xiaomi mengeluarkan seri ponsel terbaru mereka pada hari Kamis 7 April 2022. Oppo memberi nama seri barunya Oppo Glow dengan desain yang ikonik,

Baca juga: Elon Musk Menuduh Twitter Menyembunyikan Saksi Kunci Di Tengah Pertarungan Hukum Dalam Kesepakatan USD 44 Miliar

Ponsel terbarunya ini diklaim tahan dari goresan dan bekas sidik jari. Oppo Glow juga dikenal dengan Oppo A96, hadir dalam warna Pink dan Starry Black, desainnya tipis dan feminim.

2. Ribuan data pemerintah bocor
879.319 data rahasia dari 34.714 website pemerintah bocor akibat serangan malware atau virus berbahaya. Hal ini diungkap oleh Dark Tracer yang merupakan akun pemantau data, sejumlah situs pemerintah yang menjadi korban ialah :

- dashboard.prakerja.go.id
- ssso.kemdikbud.go.id
- info.gtk.kemdikbud.go.id
- djponline.go.id

Baca juga: YouTube Berencana Akan Meluncurkan Layanan Video Streaming

- mysapk.bkn.go.id
- daftar.sscasn.bkn.go.id
- paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id
- sscndaftar.bln.go.id

zxc3

3. Aplikasi ramadhan diduga curi data pengguna
Google menghapus aplikasi Ramadhan 2022 setelah diketahui mencuri data penggunanya, Google temukan spyware di aplikasi tersebut, pengumpulan data diduga dilakukan oleh perusahaan yang melakukan misi intelijen siber untuk AS.

Aplikasi yang tertangkap memiliki spyware ialah Al Mozain dan Qibla Compass yang sudah dipakai oleh sekitar dari 10 juta pengguna, selain aplikasi ramadhan, ada juga aplikasi ramalan cuaca, Widget yang sudah dipakai lebih dari 60 juta pengguna.

Spyware sendiri bisa merekam dan melacak aktivitas online penggunanya baik di smartphone maupun computer, semua bisa dipantau dan diunduh yakni yang ditulis, diunggah, disimpan, dan diunduh pengguna.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai pelncuran Oppo dan Xioami terbaru jadi sorotan ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @baperanews. Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka


Informasi Anda Genggam


Loading...