Arab Saudi Menetapkan Batas 1 juta Jemaah Haji Untuk Tahun Ini

Devi
Minggu, 10 April 2022 | 20:16 WIB
Arab Saudi mengatakan satu juta orang akan diizinkan untuk melakukan haji tahun ini dibandingkan dengan hanya beberapa ribu pada tahun 2021 karena pandemi [File: Ahmed Yosri/Reuters] R24/dev Arab Saudi mengatakan satu juta orang akan diizinkan untuk melakukan haji tahun ini dibandingkan dengan hanya beberapa ribu pada tahun 2021 karena pandemi [File: Ahmed Yosri/Reuters]
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Arab Saudi mengatakan akan mengizinkan satu juta orang – baik dari dalam maupun luar kerajaan – untuk melakukan haji tahun ini dibandingkan dengan hanya beberapa ribu peziarah lokal selama dua tahun terakhir.

Dalam meningkatkan jumlahnya, Kementerian Haji dan Umrah kerajaan mengatakan ziarah Muslim tahunan ke Mekah, situs paling suci umat Islam, hanya akan diizinkan untuk orang-orang yang telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19 dan berusia di bawah 65 tahun.

Baca juga: Ribuan Orang Terpaksa Mengungsi Akibat Banjir yang Semakin Mengerikan di Sydney



“Sangat penting bagi pemerintah Penjaga Dua Masjid Suci untuk menjaga keselamatan dan keamanan jemaah haji serta pengunjung Masjid Nabawi sambil memastikan bahwa jumlah maksimum Muslim di seluruh dunia dapat melakukan haji dan mengunjungi Masjid Nabawi. Masjid dalam suasana yang aman dan spiritual,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada Sabtu pagi.

Jemaah haji yang bepergian dari luar negeri juga harus menjalani tes PCR negatif yang diambil tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan mereka ke Arab Saudi, kata pernyataan itu, sementara tindakan pencegahan kesehatan akan diterapkan di Mekah untuk mengekang penyebaran virus corona.

Baca juga: Sempat Kena Kontroversi, Jisoo BLACKPINK dan Drama Snowdrop Masuk Nominasi Blue Dragon Series Awards 2022



Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan kewajiban sekali seumur hidup bagi semua Muslim yang mampu untuk melakukan jika mereka mampu. Diperkirakan akan berlangsung pada Juli tahun ini dengan jumlah yang diizinkan dari masing-masing negara diputuskan di bawah sistem kuota.

Hanya beberapa ribu orang yang diizinkan melakukan haji pada tahun 2021 karena pandemi COVID-19, dan hanya 1.000 orang pada tahun sebelumnya.

Sebelum virus muncul, sekitar 2,5 juta orang akan melakukan perjalanan haji setiap tahun ke Arab Saudi.


Informasi Anda Genggam


Loading...