Viral, Video Uang Kertas Dicuci dan Distrika Agar Terlihat Baru, Begini Kata BI

Fitrianto
Sabtu, 16 April 2022 | 02:33 WIB
Wallpaper Flare R24/anto Wallpaper Flare
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Tanggapan BI soal video viral yang memperlihatkan uang kertas yang sedang dicuci dan disetrika agar terlihat baru!

Uang kertas Nampak direndam dan dicuci, kemudian juga dijemur dan disetrika sebagaimana baju, hal itu disebutkan agar uang kertasnya terlihat seperti baru lagi. Lantas apakah hal ini sudah sesuai? Berikut penjelasan dari Bank Indonesia.

Direktur Komunikasi Bank Indonesia (BI), Junanto Herdiawan menghimbau uang kertas rupiah agar dijaga dengan baik, dengan cara semangat, bangga, cinta, dan paham rupiah.

Baca juga: Monyet Disini Gunakan Batu Sebagai Mainan Seks Masturbasi

“Salah satunya itu dengan tidak merusak fisiknya uang, termasuk dengan membasahinya dengan air” ujarnya hari Rabu 13 April 2022.

Jika masyarakat ingin punya uang baru, lanjut Junanto, bisa dengan menukarkan berbagai uang pecahan kertas baru yang sudah disediakan BI dan Bank lainnya di seluruh Indonesia.

Junanto kemudian menjelaskan apa saja syaratnya menukar uang baru untuk Lebaran tahun 2022 ini yaitu :

Baca juga: REP-1, Kendaraan Dinas Rampasan Pertama Soekarno

- Dilakukan sesuai jumlah kuota yang tersedia.

- Dilakukan mulai H-7 sebelum jadwal pelaksanaan penukaran uang.

- Memesan dengan NIK KTP yang sama tetap boleh dilakukan meski sebelumnya sudah memesan dan menukarkan uang.

Sedangkan sebelum menukar uang, warga dihimbau untuk menghitung dulu berapa jumlah uang yang ditukarkan,

zxc3

Kemudian memilah dan mengelompokkan sesuai dengan besar pecahannya dengan susunan searah agar mempermudah petugas dalam menghitungnya.

Warga juga bisa pesan secara online agar tak perlu antri di lokasi, yakni melalui laman https://pintarbi.go.id dan pilih menu penukaran uang rupiah dari kas keliling, warga bisa memilih lokasi dan jamnya sesuai dengan yang terdekat dengan domisilinya.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai uang kertas dicuci dan distrika ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @baperanews. Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka


Informasi Anda Genggam


Loading...