Mengenal Peristiwa 536, Tahun Terburuk yang Pernah Terjadi Sepanjang Sejarah Bumi

Azhar
Sabtu, 16 April 2022 | 10:43 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet R24/azhar Ilustrasi. Sumber: Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Sejarawan dan arkeolog dari Harvard University Initiative for the Science of the Human Past, Michael McCormick mengatakan tahun 356 merupakan tahun terburuk yang pernah terjadi di muka bumi.

Saking buruknya, tahun 356 bahkan mengalahkan tahun 2020 karena peristiwa Pandemi Covid-19, tahun 1349 yang dikenal dengan wabah Black Death, atau pandemi flu di 1918 dikutip dari detik.com.

Alasan tahun 356 menjadi yang terburuk karena kabut misterius menimbulkan kegelapan selama 18 bulan menyelimuti seluruh Eropa, Timur Tengah dan Sebagian Asia.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Akibatnya, Matahari terlihat bagaikan Bulan, suhu mendadak turun drastis.

Temperatur di musim panas juga turun. Salah satu yang terparah adalah di China, di mana musim panasnya sempat diwarnai dengan turunnya salju.

Dari cuaca yang buruk, ini berpengaruh pada hasil panen yang gagal. Bencana kelaparan juga melanda dan mengambil banyak nyawa-nyawa tidak berdosa.

Baca juga: Tips Diet yang Bikin Penyanyi Adele Turun BB Hingga 45kg

Kemalangan ini melanda hingga berpuluh tahun, tepatnya sampai tahun 660.

Para pakar menyebutkan penyebab peristiwa ini kemungkinan dikarenakan letusan gunung vulkanis di awal tahun 536 yang diikuti dua letusan besar di tahun 540 dan 547.


Bumi Bencana
Informasi Anda Genggam


Loading...