Ini Komitmen Gubri Syamsuar Siapkan Generasi Muda Entrepeneur dan Qurani

Ogas
Kamis, 21 April 2022 | 08:36 WIB
Gubri Syamsuar R24/ogas Gubri Syamsuar

RIAU24.COM -  Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berkomitmen menyiapkan generasi muda di Provinsi Riau menjadi entrepreneur dan cinta kepada al-Quran. Dukungan tersebut diberikan melalui pelaksanaan program seperti beasiswa di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ), Quran Center Riau dan lainnya yang sudah berjalan selama beberapa tahun terakhir. 

"Kami juga sekarang memberikan beasiswa kepada anak-anak yang belajar di PTIQ, kami juga menyiapkan Quran Center sebagai pusat kajian al-Quran," kata Gubri di Pekanbaru, Rabu (20/4/2022) malam. 

Gubri mengatakan Pemerintah Provinsi Riau juga mempersiapkan kader ulama nasional dari Provinsi Riau. Kader ulama tersebut diseleksi langsung oleh Imam Masjid Istiqlal Jakarta. 

Ia menambahkan bahwa syarat untuk mengikuti seleksi tersebut harus hafal al-Quran dan Kitab Kuning. Ada 4 orang yang dikirim untuk mengikuti pendidikan kader ulama nasional.

"Dan ini semua insyaallah hafal al-quran dan juga menguasai kitab kuning, karena itu salah satu syaratnya," sebutnya. 

Selain itu, dikatakannya bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Riau juga memberikan beasiswa kepada anak-anak Riau untuk melanjutkan pendidikan ke Institut Tazkia Bogor dengan jurusan Tahfidz Preneur.

"Dia nanti hafal al-quran dan juga jadi entrepreneur masa depan yang mendatangkan keberkahan," harapnya. 

Bukan hanya itu, Gubernur Riau bekerjasama dengan Baznas Provinsi Riau dan IKMI Kota Pekanbaru juga mendorong para remaja masjid melalui program pemberdayaan remaja masjid. Sebelumnya, program tersebut sudah diresmikan oleh Gubri di Masjid Babusalam Pekanbaru. 

Program ini merupakan inisiasi IKMI Kota Pekanbaru yang bertujuan untuk mencetak wirausah masjid sebanyak 1000 orang dan menurunkan angka pengangguran generasi muda. Melalui program tersebut, mereka diberi pelatihan keterampilan kerja,dibimbingan, serta mentoring.

Oleh karena itu, diharapkan program ini menjadi contoh dan diikuti oleh remaja-remaja masjid di Pekanbaru bahkan remaja-remaja masjid yang ada di kabupaten dan kota seluruh Provinsi Riau.

"Ikhtiar kita ini, mudah-mudahan generasi penerus kita ini betul-betul generasi emas sebagaimana diharapkan kita semua," tutupnya. (ADV)


Informasi Anda Genggam


Loading...