Tahukah Anda, Bukti Gempa Terbesar Dalam Sejarah Manusia Yang Menyebabkan Tsunami Setinggi 66 Kaki Ditemukan di Chili

Devi
Kamis, 21 April 2022 | 10:21 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM -  Sekitar 3.800 tahun yang lalu, gempa bumi berkekuatan 9,5 skala Richter melanda Chili, yang menimbulkan gelombang setinggi 66 kaki dan menghantam gurun Atacama Chili, yang juga merupakan gurun terkering di dunia.

Bukti Gempa Terbesar Dalam Sejarah Manusia Yang Menyebabkan Tsunami setinggi 66-Ft Ditemukan di Chili

Baca juga: Bikin Penggemar Penasaran, MBC Bagikan Trailer Drama Korea 'Big Mounth'

Menurut sebuah studi baru yang dipimpin oleh akademisi Universitas Chili, tabrakan antara lempeng tektonik Nazca dan Amerika Selatan berada di belakang gempa, menghasilkan gelombang tsunami setinggi 49 hingga 66 kaki. 

Ahli geologi Gabriel Easton, salah satu pemimpin studi dalam percakapan dengan Reuters menjelaskan, "Di berbagai titik di sepanjang pantai wilayah Antofagasta dan Chili utara, pada umumnya terdapat paleobeach atau pantai purba yang terletak antara 4 dan 7 meter (13 dan 23 kaki) di atas permukaan laut saat ini, yang pembentukannya tidak dapat dijelaskan oleh perubahan global di permukaan laut, tetapi oleh pengangkatan tektonik sebagai akibat dari gempa bumi besar."

Dia menggarisbawahi bahwa dampak dan besarnya peristiwa yang telah berlangsung selama bertahun-tahun ini harus diperhitungkan untuk penilaian bahaya dan risiko di wilayah utara Chili. 

Baca juga: Tudingan Nam Joohyuk Dibantah Guru Sekolahnya, Begini Respon Netizen Korea

Bukti Gempa Terbesar Dalam Sejarah Manusia Yang Menyebabkan Tsunami setinggi 66-Ft Ditemukan di Chili

Mereka berhipotesis bahwa peristiwa itu bisa mengakibatkan kematian yang sangat tinggi di antara orang-orang, yang mengakibatkan migrasi massal ke wilayah lain. Penelitian ini memakan waktu sekitar tujuh tahun untuk diselesaikan dan dilakukan untuk melihat seberapa sering bencana tersebut mempengaruhi wilayah tersebut pada zaman dahulu.

Chili telah memiliki sejarah panjang gempa bumi mematikan, termasuk yang terjadi pada tahun 2010, yang menghadapi kekuatan 8,8 SR, melepaskan tsunami dahsyat yang menewaskan ratusan orang di kota-kota pesisir selatan.


Informasi Anda Genggam


Loading...