Taliban tangkap Anggota ISIS Dalang Bom Masjid Syiah Afghanistan

Fitrianto
Minggu, 24 April 2022 | 01:56 WIB
Kompas TV R24/anto Kompas TV

RIAU24.COM -  Seorang pria yang diduga anggota ISIS dan jadi dalang bom di masjid Syiah Afghanistan yang menewaskan 12 orang ditangkap oleh taliban!

Jubir Polisi Provinsi Balkh, Asif Waziri, menyebut tersangka yang ditangkap bernama Abdul Hamis Sangaryar, ditangkap pada hari Jumat 22 April 2022.

Ia kemudian menjelaskan, Sangaryar punya peran penting dalam serangkaian teror sebelumnya dan ia selalu berhasil kabur, namun kali ini ia berhasil ditangkap dalam sebuah operasi khusus.

Baca juga: Mumbai berjuang untuk menahan wabah campak saat virus membunuh 10 anak

Sebelumnya ISIS menyebut kelompok mereka yang bertanggung jawab atas serangan bom di Masjid Syiah yang terjadi pada Selasa 19 April 2022 lalu. “Tentara kami berhasil menyelundupkan bom ke dalam tas dan masuk ke masjid” ujar ISIS.

ISIS juga menyebut tentara tersebut meledakkan bom dari kejauhan masjid setelah masjid sudah dipenuhi oleh Jemaah, akibat ledakan tersebut, 12 nyawa hilang dan 58 orang lainnya terluka termasuk 32 diantaranya mengalami luka parah.

Selama bulan Ramadhan ini, serangan di Afghanistan memang meningkatkan, pada hari yang sama ketika Masjid Syiah dibom, ada juga serangan bom di Kota Kunduz yang menewaskan 4 orang,

Baca juga: Jepang: Pengunduran Diri Menteri Kabinet Ketiga Dalam Sebulan Memberi Tekanan Pada PM Fumio Kishida

Hal ini pun menimbulkan kecaman dari sejumlah Negara dunia karena peneror melakukan aksi di bulan Ramadhan yang seharusnya menjadi bulan penuh berkah dan moment untuk umat muslim banyak beribadah, namun justru diganggu oleh teror tersebut.

Bom di Kunduz sendiri, kata Jubir Polisi Kunduz, Obaidullah Abedi, dibawa pelaku dengan naik sepeda, pelaku menargetkan satu kendaraan yang dinaiki mekanis Taliban, dan bom pun diledakkan.

Sejak Taliban mengambil kekuasaan di Afghanistan tahun lalu, ISIS selalu jadi tantangan besar.

zxc3

Tak lama setelah Taliban nyatakan kuasanya di Afghanistan, ISIS meledakkan bom bunuh diri di Bandara Kabul yang membuat 60 lebih orang tewas, setelah itu, ISIS terus menyerang ke Afghanistan terutama ke Kaum Syiah dan Taliban.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai Taliban tangkap isis dalang pengeboman di Afghanistan dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @baperanews. Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka


Taliban ISIS
Informasi Anda Genggam


Loading...