Ternyata Warna Dahak Saat Kita Batuk Bisa Menjadi Pertanda Pathogen Apa yang Sedang Menyerang Tubuh

Rizka
Minggu, 24 April 2022 | 15:51 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM - Dahak adalah lendir yang biasanya muncul saat Anda sedang batuk. Jika diperhatikan, warna dahak ini tidak selalu sama. Jangan anggap remeh perubahan warna dahak, karena hal ini bisa menjadi tanda adanya penyakit-penyakit tertentu. 

Warna dahak yang keluar saat kita batuk bisa menjadi petanda patogen apa yang sedang menyerang tubuh. Selain itu, jika yang keluar jumlahnya banyak, kemungkinan ada infeksi yang sedang berkembang di dalam tubuh kita.

Sebenarnya, pada saat tubuh sedang sehat juga memproduksi dahak sekitar 1-1,5 liter. “Saat sehat biasanya warnanya bening dan jumlahnya tidak banyak,” kata dokter spesialis paru di The Ohio State University Wexner Medical Center, Amerika Serikat, Matthew Exline.

Lalu, bila warna dahak tidak bening, apa artinya? Berikut pemaparannya:

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Penuhi 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Tetap Sehat

1. Dahak warna putih atau agak keabu-abuan.

Saat batuk lalu muncul dahak berwarna putih atau abu-abu merupakan indikator infeksi saluran pernapasan atau masalah sinus. Khusus pada warna dahak yang abu-abu usai batuk, itu merupakan tanda tubuh sedang berusaha menyingkirkan tar yang terakumulasi akibat merokok berlebihan atau menghirup polutan seperti asap atau debu.

2. Dahak warna kuning gelap atau hijau.

Saat dahak yang keluar itu kuning gelap mungkin merupakan tanda adanya infeksi virus atau bakteri, infeksi sinus, atau infeksi saluran pernapasan bawah. Biasanya, hal ini terjadi ketika sistem imunitas tubuh mengirim sel darah putih ke daerah yang terinfeksi. Lalu, selsel ini mengandung protein hijau, bila jumlahnya banyak membuat dahak jadi berwarna hijau.

Namun studi di 2011 yang terbit dalam European Respiratory Journal mengemukakan, dahak yang berwarna kuning atau hijau tidak selalu menandakan infeksi.

3. Dahak warna kecoklatan.

Bagi Anda yang merokok, biasanya sering mengeluarkan dahak berwarna cokelat. Warna itu merupakan kombinasi antara resin, tar, dan partikel lain yang ada di rokok yang kemudian coba untuk dikeluarkan tubuh seperti dikatakan Exline.

4. Dahak warna merah muda

Baca juga: 3 Jenis Susu Formula, Bebelac Menjadi Favorit

Saat dahak berwarna merah muda merupakan indikator adanya edema paru atau masuknya cairan di dalam paru. Warna dahak merah muda juga sebagai tanda hadirnya darah dalam dahak jumlah relatif sedikit. Bila dahak warna merah muda ini disertai busa, bisa jadi ada masalah jantung pada orang tersebut menurut UK’s National Health Service.

5. Dahak berdarah.

Saat Anda mengeluarkan dahak lalu ada darah dalamnya bisa menjadi beberapa pertanda penyakit. Mulai dari bronktis, pneumonia, emboli paru, atau TBC seperti diungkapkan dokter Steve Okhravi.


Informasi Anda Genggam


Loading...