Kini Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia, Ternyata Ini Alasan Steve Jobs Menamai Perusahaannya Apple

Rizka
Minggu, 24 April 2022 | 20:28 WIB
google R24/riz google
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Apple Inc. dianggap banyak pakar sebagai perusahaan paling inovatif di dunia, sekaligus paling menguntungkan dalam dunia bisnis hingga saat ini. Ia mampu membuat barang dengan biaya produksi murah dan menjual produknya dengan margin keuntungan yang tinggi. Tidak ketinggalan desain yang simpel, elegan dan eye-catching di jajaran produknya.

Apple didirikan oleh Steve Jobs, Ronald Wayne, dan Steve Wozniak pada 1 April 1976 dengan nama Apple Computer. Kini, Apple Computer sudah dikenal dengan nama Apple, dan menjadi perusahaan paling bernilai di dunia tahun 2022.

Terhitung per Januari 2022, nilai valuasi Apple sendiri mencapai 3 triliun dolar AS, atau setara Rp 43.000 triliun.

Puluhan tahun membangun popularitasnya, nama "Apple" sampai saat ini masih menjadi misteri. Sebab, masih banyak teori yang beredar mengapa Steve Jobs memberi nama perusahaanya "Apple"?

Baca juga: Terbitkan Akta Kematian Jemaah Haji yang Sudah Meninggal, Dukcapil: Kami Gerak Cepat

Sampai hari ini, pertanyaan itu belum ada jawaban pasti dan resmi dari Apple. Misteri ini pun memunculkan banyak teori mengenaik asal mula nama Apple. Mulai dari karena Jobs suka makan buah apel, hingga teori tentang penghormatan untuk Issac Newton.

Berikut sejumlah teori yang beredar di dunia maya, tentang mengapa Steve Jobs menamai perusahaannya "Apple".

1. Steve Jobs menyukai Apple

Teori pertama yang mencuat mengenai asal mula penamaan "Apple" adalah lantara Jobs menyukai buah apel. Meski terdengar sangat sederhana, namun alasan ini bisa menjadi salah satu alasan kuat mengapa Steve Jobs memilih nama Apple.

Dalam biografi berjudul "Steve Jobs" yang ditulis Walter Isaacson, pada saat awal pendirian Apple, Jobs disebut sedang dalam masa diet buah. Selain itu, menurut Jobs, nama Apple mengandung makna senang, bersemangat, tidak intimidatif.

2. Agar nama perusahaan mudah dicari di buku telepon

Di tahun-tahun awal Apple masih beroperasi dengan nama Apple Computer, penggunaan buku telepon masih menjadi cukup masif, karena buku telepon menjadi sumber informasi pencarian nomor telepon.

Sebagaimana aplikasi kontak di smartphone saat ini, buku telepon fisik juga mengindeks nomor telepon berdasarkan alfabet dari A hingga Z.

Dugaannya, alasan ini lah yang mendukung ide penamaan "Apple". Dengan begitu, kontak telepon Apple akan mudah ditemukan orang-orang termasuk calon rekan bisnis Apple, karena muncul di awal halaman.

3. Terinsipari Isaac Newton

Sebelum memiliki logo gambar apel yang digigit, Apple Computer sebelumnya memiliki logo dengan bentuk sebuah bingkai lukisan, dengan seorang laki-laki sedang memegang buku di bawah pohon apel.

Di bagian bawah bingkai, terdapat puisi yang buatan Wodsworth yang dimasukkan ke dalam logo Apple. Puisi tersebut berbunyi "Newton… Seorang pemikir yang selamanya mengarungi lautan pemikiran seorang diri".

Puisi itu disebut sebagai bukti bahwa Steve Jobs merasa bahwa ada koneksi antara dirinya dengan Isaac Newton.

Isaac Newton merupakan ilmuwan yang disebut menemukan gravitasi karena tertimpa oleh apel ketika sedang bersandar di bawah pohon apel, lalu mempertanyakan, mengapa apel bisa jatuh.

Logo tersebut didesain oleh Steve Jobs, namun tidak bertahan lama hingga akhirnya digantikan dengan logo Apple dengan warna pelangi dan bekas gigitan pada bagian kanan atas.

4. Untuk Alan Turing

Salah satu teori lain yang berkembang soal asal usul nama Apple adalah bentuk rasa hormat kepada Alan Turing. Alan Turing adalah ilmuwan matematika, bapak ilmu komputer, dan salah satu dari bapak kecerdasan buatan.

Alan Turing ditangkap dan diadili oleh pemerintah Inggris karena orientasi seksual sesama jenis. Kala itu, pemerintah Inggris menilai homoseksualitas adalah hal yang berbahaya.

Alan Turing mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang diolesi sianida pada tahun 1954.

Akan tetapi, teori ini dimentahakan desainer logo Apple, Rob Janoff. Janoff sendiri adalah orang yang merancang logo Apple dengan warna pelangi terbalik dengan gigitan di pojok kanan atasnya.

5. Terinspirasi dari Adam dan Hawa

Selain terinsipirasi dari tokoh ilmuwan seperti Alan Turing dan Issac Newton, penamaan Apple disebut-sebut juga terinspirasi oleh kisah Adam dan Hawa. Diketahui, Adam dan Hawa menggigit buah terlarang yang digambarkan sebagai sebuah apel.

Kembali, Janoff, sebagai desainer logo Apple menyangkal rumor tersebut. Ia mengatakan bahwa teori asal usul nama Apple sudah berkembang terlalu liar, sehingga banyak orang yang kemudian percaya terhadap teori-teori yang belum pasti.

6. Karena Steve Jobs fans The Beatles

Steve Jobs yang merupakan fans berat The Beatles, disebut terpikir menggunakan nama Apple karena idolanya tersebut. Apa hubungannya?

Jadi, band asal Inggris yang digawangi oleh Paul McCartney tersebut menggunakan jasa Apple Records sebagai perusahaan label rekaman mereka.

Apple Records adalah anak usaha dari Apple Corps Ltd. yang didirikan oleh The Beatles.

Baca juga: Afgan Diduga Akan Menikah, Pasangkan Cincin dengan Inisial 'M & A'

Wozniak dalam biografi yang ditulis Walter Isaacson, mengaku sudah menanyakan kemiripan nama ini ke Jobs sebab ia khawatir terntang pelanggaran nama dagang.

7. Jadi nama terbaik

Steve Wozniak dalam buku biografi tentang dirinya "iWoz" mengaku sempat kesulitan mencari nama alternatif untuk Apple Computer. Karena sulitnya mencari nama yang cukup bagus, akhirnya perusahaan berjalan dengan nama Apple Computer pada waktu itu


Informasi Anda Genggam


Loading...